HAKIKI, IQNESTITA DWI (2018) PEMANFAATAN INSTANT MESSENGER GRUP LINE OLEH MAHASISWA/I PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS MERCU BUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
8. Surat Pernyataan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
4. Kata Pengantar.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
5. Daftar Isi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
6. Tabel.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
Abstract
Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, khususnya dalam bidang komunikasi. Media komunikasi saat ini sangat beragam serta tidak memandang jarak dan waktu yang ditentukan yaitu media sosial. Media sosial yang cukup populer dikalangan mahasiswa/i Public Relations Universitas Mercu Buana salah satunya adalah LINE Penelitian ini menggunakan teori gaya komunikasi Dedy Mulyana tentang komunikasi verbal seperti bahasa tanda, bahasa tindakan dan bahasa objek. Komunikasi non verbal seperti paralanguage, kinescis, sentuhan dan proxemics. Selain teori itu, juga menggunakan teori Alo Liliweri tentang gaya komunikasi frendly style, animated style, dominant style, dramatic style, relaxed communication style dan open style. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang mencoba untuk mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian dan mendapatkan pemahaman yang sifatnya umum terhadap kenyataan sosial dari perpektif partisipan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber yaitu mahasiswa/i Public Relations Universitas Mercu Buana yang memiliki grup LINE. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa/i menggunakan LINE karena praktis, populer dikalangan anak muda dan fitur lengkap, LINE juga digunakan untuk keperluan perkuliahan seperti grup angkatan dan grup organisasi seperti HIMA PR di Universitas Mercu Buana Bidang Studi Humas. Sedangkan fitur yang sering digunakan adalah stiker, emoticon, free call, video call dan chatting. Dengan demikian, gaya komunikasi yang dilakukan mengarah kepada bersahabat atau frendly style dan animasi atau animated style. Selain itu, juga mengarah pada gaya komunikasi verbal dan non verbal. Kesimpulan dari penelitian ini pemanfaatan aplikasi pesan pada chatting grup LINE yang berkomunikasi mudah dan cepat dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, juga terdapat gaya komunikasi yang digunakan pada mahasiswa/i Universitas Mercu Buana Bidang Studi Humas, menggunakan gaya komunikasi bersahabat atau frendly style yang berkomunikasi fitur terdapat pada LINE yaitu free call, video call dan chatting. Selain itu, juga menggunakan gaya komunikasi animasi atau animated style yang berkomunikasi fitur terdapat pada LINE stiker dan emoticon. Keywords : Pemanfaatan Media, Gaya Komunikasi, Grup LINE, Verbal dan Non Verbal
Actions (login required)
View Item |