ANALISIS AIRFOIL PESAWAT BOEING 737-800NG MENGGUNAKAN COMPUTIONAL FLUID DYNAMIC DENGAN VARIASI SUDUT SERANG

SANTOSO, NORMAN HADI (2019) ANALISIS AIRFOIL PESAWAT BOEING 737-800NG MENGGUNAKAN COMPUTIONAL FLUID DYNAMIC DENGAN VARIASI SUDUT SERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahaan.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Penghargaan.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
015 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
016 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)

Abstract

Nowadays a numerous experiment has been conducted to improve performance of different types of airfoil. Research development using computationally is used to simplify calculation and analysis of the airfoil. One of the simulation methods was used is the computational fluid dynamic methods. This study is uses asymmetrical B737a-il airfoil, this airfoil is also used on a Boeing 737-800NG aircraft. This research investigates the impact of variation in angle of attack against pressure distribution of the B737a-il airfoil. Variation of the angle of attack impact against coefficient lift and coefficient drag also included in this study. Variation of the angle of attack ranging from 0°, 2°, 5°, 7°, 8°, 9°. Three variations on the inlet velocity were applied in this study, the inlet velocity variation ranging from 20 m/s, 30 m/s, and 50 m/s. From the research that has been done, shows that angle of attack variation affects the value of the coefficient lift and coefficient drag. Variation of the angle of attack also affects pressure distribution around the surface of B737a-il airfoil. Highest value of coefficient lift occurs at 8° angle of attack at 50 m/s velocity, possess 0,44355 coefficient lift and the lowest value of coefficient lift occurs at 0° angle of attack at 20 m/s. Highest value of coefficients drag occurs at 9° angle of attack at 50 m/s velocity, possess 0,0601095 coefficients drag and the lowest value of coefficient drag occurs at 5° angle of attack at 50 m/s produce 0,013852 coefficient drag. Pressure distribution around airfoil B737a-il for 0°, 2°, 5°, 7°, 8°, 9° angle of attack are analyze using pressure contour. Analysis result shows fluid pressure that flow through upper airfoil is lower than the pressure below airfoil. Keyword : Airfoil, Aircraft Wings, Aerodynamic, Drag Coefficient, Lift Coefficient, CFD. Pada masa sekarang banyak sekali penelitian-penelitian untuk meningkatkan kemampuan airfoil dari berbagai jenis tipe airfoil. Perkembangan dalam penelitian menggunakan komputasi dilakukan untuk mempermudah dalam perhitungan dari suatu penelitian airfoil. Salah satu metode yang dipakai dalam komputasi adalah metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Penelitian ini menggunakan airfoil B737a-il yang digunakan pada pesawat Boeing 737-800NG. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari variasi sudut serang terhadap distribusi tekanan pada sekitar airfoil. Penelitian ini juga akan membahas pengaruh sudut serang terhadap nilai koefisien lift dan koefisien drag pada airfoil B737a-il. Penelitian ini memakai variasi sudut serang 0°, 2°, 5°, 7°, 8°, 9°. Untuk kecepatan inlet yang digunakan pada penelitian digunakan tiga variasi kecepatan yang dimulai dari kecepatan 20 m/s, 30 m/s, dan 50 m/s. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan hasil bahwa variasi sudut serang pada airfoil B737a-il berpengaruh terhadap nilai koefisien lift dan koefisien drag. Koefisien lift terbesar terjadi pada sudut serang 8° pada kecepatan 50 m/s dengan nilai koefisien lift 0,44355, sedangkan nilai koefisien lift terkecil terjadi pada sudut serang 0° pada kecepatan 20 m/s dengan nilai koefisien lift 0,0440659. Koefisien drag terbesar terjadi pada sudut serang 9° pada kecepatan 50 m/s dengan nilai koefisien drag 0,0601095, sedangkan nilai koefisien drag terkecil terjadi pada sudut serang 5° pada kecepatan 50 m/s dengan nilai koefisien drag 0,013852. Distribusi tekanan pada airfoil B737a-il, untuk sudut serang 0°, 2°, 5°, 7°, 8°, 9°di analisis melalui kontur tekanan. Hasil dari analisis menunjukan rata-rata tekanan fluida yang mengalir dipermukaan atas airfoil lebih rendah bila dibandingkan dengan rata-rata tekanan dipermukaan bawah airfoil. Kata Kunci: Airfoil, Sayap Pesawat Terbang, Aerodinamika, Drag Coefficient, Lift Coefficient, CFD

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: ST/13/19/002
NIM: 41316110082
Uncontrolled Keywords: Airfoil, Sayap Pesawat Terbang, Aerodinamika, Drag Coefficient, Lift Coefficient, CFD
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan > 006.31 Machine Learning/Pembelajaran Mesin
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan > 025.34 Cataloging, Classification, Indexing of Special Materials/Pengatalogan, Klasifikasi, Pengindeksan Bahan Tertentu > 025.344 Machine-Readable Materials/Bahan yang Dapat Dibaca Mesin
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 22 Feb 2019 04:16
Last Modified: 22 Feb 2019 04:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47278

Actions (login required)

View Item View Item