SUNANDAR, DONY ARIS (2018) STRATEGI CUSTOMER RETENTION UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PT. OPTIK TUNGGAL SEMPURNA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG& PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
07.BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB II)
08.BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB III)
09.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (BAB IV)
10.BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text (BAB V)
11.BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Strategi customer retention merupakan salah satu bagian dari customer relationship management yang berisikan strategi untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Dengan adanya strategi customer retention, diharapkan pelanggan tidak beralih ke kompetitor dan tetap loyal kepada perusahaan. Dalam penerapannya, Optik Tunggal sebagai tempat terjadinya penjualan alat bantu penglihatan yang berfokus pada pelayanan menerapkan strategi customer retention. Dengan tujuan, untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, membuat pelanggan menjadi loyal, dan agar tidak beralih ke kompetitor. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi customer retention di Optik Tunggal dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme. Tipe penelitiannya adalah deskriptif. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, kemudian melakukan wawancara terhadap narasumber. Hasil penelitian ini adalah tujuan dari meretensi pelanggan adalah agar pelanggan tidak beralih ke kompetitor, penyampaian service dan kesediaan produk yang customized merupakan cara terbaik untuk meretensi pelanggan, dan personal selling merupakan solusi terhadap customized pelayanan di saat sistem belum memiliki program meretensi pelanggan yang mumpuni. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwasanya proses differensiasi berdasarkan nilai, berinteraksi sesuai karakteristik pelanggan, dan memberikan treatment khusus merupakan cara yang baik dalam meretensi pelanggan. Di samping itu, level implementasi sangat aktif dan kurang dukungan dari divisi marketing. Dibutuhkan sinkronisasi dari hulu ke hilir. Kata kunci : customer retention, IDIC Model, Loyalitas pelanggan
Actions (login required)
View Item |