STRATEGI CUSTOMER RETENTION UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PT. OPTIK TUNGGAL SEMPURNA TAHUN 2017

SUNANDAR, DONY ARIS (2018) STRATEGI CUSTOMER RETENTION UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PT. OPTIK TUNGGAL SEMPURNA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG& PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi customer retention merupakan salah satu bagian dari customer relationship management yang berisikan strategi untuk mempertahankan pelanggan yang ada. Dengan adanya strategi customer retention, diharapkan pelanggan tidak beralih ke kompetitor dan tetap loyal kepada perusahaan. Dalam penerapannya, Optik Tunggal sebagai tempat terjadinya penjualan alat bantu penglihatan yang berfokus pada pelayanan menerapkan strategi customer retention. Dengan tujuan, untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, membuat pelanggan menjadi loyal, dan agar tidak beralih ke kompetitor. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi customer retention di Optik Tunggal dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme. Tipe penelitiannya adalah deskriptif. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, kemudian melakukan wawancara terhadap narasumber. Hasil penelitian ini adalah tujuan dari meretensi pelanggan adalah agar pelanggan tidak beralih ke kompetitor, penyampaian service dan kesediaan produk yang customized merupakan cara terbaik untuk meretensi pelanggan, dan personal selling merupakan solusi terhadap customized pelayanan di saat sistem belum memiliki program meretensi pelanggan yang mumpuni. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwasanya proses differensiasi berdasarkan nilai, berinteraksi sesuai karakteristik pelanggan, dan memberikan treatment khusus merupakan cara yang baik dalam meretensi pelanggan. Di samping itu, level implementasi sangat aktif dan kurang dukungan dari divisi marketing. Dibutuhkan sinkronisasi dari hulu ke hilir. Kata kunci : customer retention, IDIC Model, Loyalitas pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 179
Call Number: SE/43/18/054
NIM/NIDN Creators: 44313120017
Uncontrolled Keywords: customer retention, IDIC Model, Loyalitas pelanggan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 386 Inland Waterway/Transportasi Pengangkutan di Daerah Pedalaman > 386.2 Activities and Services/Kegiatan dan Layanan
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 642 Meals and Table Service/Makanan dan Layanan Meja
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 642 Meals and Table Service/Makanan dan Layanan Meja > 642.6 Serving at Table/Layanan di Meja
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:25
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46596

Actions (login required)

View Item View Item