PEMBENTUKAN IDENTITAS VIRTUAL ROLEPLAYER DI TWITTER

WINARTY, SHENTHYA (2019) PEMBENTUKAN IDENTITAS VIRTUAL ROLEPLAYER DI TWITTER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04 ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
14 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAAN)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
03 KATA PENGANTAR.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05 DAFTAR ISI.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
06 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB II)
08 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
09 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (BAB IV)
10 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
11 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Media adalah kehidupan kedua yang di miliki oleh manusia, sehingga dari sini muncul sebuah istilah Realitas virtual yang didalamnya terdapat Identitas virtual. Dalam permainan peran yang dilakukan individu di sosial media untuk bertindak, bermain sosial dalam Roleplay tidak dibataskan, kartun, anime, super hero, idola artis, sampai karakter Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori Media baru mengingat Roleplay berada di sosial media,lalu juga di ikuti oleh teori-teori mengenai sifat, pembawaan diri, teori konsep diri dan juga teori-teori mengenai realitas virtual. Cara pandang yang ada dalam penelitian ini adalah konstruktivisme serta menggunakan tipe penelitian kualitatif agar dapat menjelaskan keadaan ini dengan cara yang lebih luas. Metode penelitian ini yaitu fenomenologi. Dengan memilih 6 narasumber yang memenuhi kriteria yang telah di tetapkan. Pembentukan identitas virtual Roleplay melalui 4 proses, yaitu proses pemikiran yang miliputi pengetahuan mengenai karakter tersebut, keinginan untuk memerankan karakter tersebut, lalu proses tindakan pembuatan akun twitter, lalu proses hasil dari tindakan yaitu memperoleh sebuah akun, yang terakhir adalah proses lanjutan yang berisi tentang proses belajar, pengalaman, dan penyesuaian diri. Dalam Roleplay ada dampak negative dan ada dampak positif. Dampak negative meliputi terjadinya kejahatankejahatan yang merugikan diri sendiri dan juga orang sekitar. Dampak positifnya, seseorang dapat menemukan teman tanpa memandang fisik, dan dapat melatih kemampuan menulis seperti apa yang dirasakan M lewat Imagine dan Plotting

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44114110134
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Identitas Virtual Roleplayer di Twitter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 175 Ethics of Recreation, Public Performances, Communication/Etika di Bidang Rekreasi dan Olah Raga, Etika Pertandingan, Etika Penampilan, Etika Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 11 Jan 2019 02:12
Last Modified: 11 Jan 2019 02:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46580

Actions (login required)

View Item View Item