ANALISIS RESEPSI PERSEPSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM IKLAN MENTOS MENTORS

SARTIA, ARNI (2019) ANALISIS RESEPSI PERSEPSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM IKLAN MENTOS MENTORS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DFATAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Komunikasi secara tatap muka sudah jarang ditemukan saat ini. Individu lebih banyak menghabiskan waktu secara online sehingga sulit untuk memulai pertemanan secara offline. Hal ini divisualisasikan dalam Iklan Mentos Mentors. Iklan ini menceritakan tentang anak kecil yang dijadikan sebagai mentor bagi orang dewasa pemalu untuk memulai sebuah pertemanan dengan orang asing dan teknik tersebut berhasil. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode analisis resepsi yang merupakan metode untuk mengetahui respon khalayak mengenai pemaknaan dari sebuah teks media berdasarkan pada pengalaman pribadi dengan teknik pengum pulan data berupa wawancara mendalam dengan beberapa informan yang sudah ditentukan. Dalam penelitian ini menggunakan teori Stuart Hall tentang teori Decoding dan Encoding yang mengkaji tentang proses konsumsi dan produksi makna. Teori ini dimaksudkan sebagai derajat pemahaman serta kesalahpahaman dalam pertukaran pesan dalam proses komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa para informan berhasil memaknai pesan pembuat teks, creator iklan mentos mentors, mengenai cara membuat pertemanan tidaklah sulit asal kita mau menghabiskan waktu secara offline. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa pengaplikasian cara berteman seperti yang ditunjukkan iklan tersebut tidak akan berhasil di Indonesia karena beberapa factor seperti kebudayaan, pola pikir, tingkat pendidikan, dan pengalaman pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 269
NIM/NIDN Creators: 44112120103
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, iklan mentos mentors
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 354 Administration of Economy/Departemen Perekonomian > 354.7 Administration of Commerce, Communications, Transportation/Administrasi Perdagangan, Komunikasi, Transportasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:00
Last Modified: 07 Feb 2019 02:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46395

Actions (login required)

View Item View Item