MERAWAT REPUTASI KORPORAT MELALUI PROGRAM ETHICAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016-2017: Program Bakti Olahraga Djarum Foundation)

PUTRO, EKO SULISTYO (2018) MERAWAT REPUTASI KORPORAT MELALUI PROGRAM ETHICAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016-2017: Program Bakti Olahraga Djarum Foundation). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena yang menjadi obyek penelitian ini adalah audisi/ajang pencarian bakat yang massif dalam dekade terakhir. Obyek penelitian ini AUDBB-program Audisi Beasiswa Bulutangkis yang digelar yayasan perusahaan rokok. AUDBB digelar khusus bagi anak-anak Indonesia bertalenta, berusia U11–U15 untuk dibina menjadi atlet bulutangkis tangguh berprestasi pada level dunia. Penelitian bermaksud mencari pengetahuan bagaimana Komunikasi Korporat perusahaan rokok (Djarum) bersama yayasan perusahaan (Djarum Foundation) merawat reputasi korporat melalui inisiatif korporat pada bidang olahraga sebagai tanggungjawab etik perusahaan. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk menganalisa alasan perusahaan rokok (Djarum) merawat reputasi korporat melalui program beasiswa olahraga bulutangkis. Kedua, untuk menggambarkan bagaimana praktik kegiatan inisiatif korporat atau inisiatif CSR di bidang olahraga yang dijalankan yayasan perusahaan dalam kontek merawat prestasi dan reputasi. Penelitian ini menggunakan bingkai pemikiran model Pyramid of CSR-Carroll dan model CRQ – Corporate Reputation Quotient, Harris/Fombrun. Paradigma penelitian komunikasi kualitatif ini adalah konstruktivism. Metode riset melalui pendekatan studi kasus versi Robert K Yin, tipe majemuk-menyeluruh, unit analisis individual. Data Primer diperoleh dari in-depth interview, observasi lapangan, dan dokumentasi. Data Sekunder diperoleh dari literasi pustaka. Pengumpulan data melalui metode multi sumber. Teknik Analisis Data menggunakan analisa teks model interaktif Miles dan Hubberman. Dari analisa data dan pembahasan penelitian, dihasilkan inferensi program CSR/Bakti Olahraga Djarum Foundation secara intrinsic dimaksudkan untuk merawat reputasi korporat (Djarum). Program AUDBB, teridentifikasi sebagai ujud komitmen perusahaan rokok (Djarum) dalam merawat prestasi dan reputasi bulutangkis menjadi bagian dari Glory of Indonesia. Djarum sebagai produsen rokok yang berstigma negatif, melalui AUDBB ‘merekontruksi’ secara kontra produktif menghasilkan sumberdaya manusia tangguh dan berprestasi melalui CSR bidang Olahraga. Dalam perspektif tipologi Pyramid of CSR model Carroll, Program AUDBB teridentifikasi sebagai implikasi aktualisasi inisiatif CSR - Ethical Responsibility yang berbasis pada etika dan moralitas. Program Ethical Responsibility sebagai salah satu jalan etik terbaik bagi perusahaan rokok (Djarum) dalam merawat reputasi.

Item Type: Thesis (S2)
NIM: 55215110013
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Corporate Reputation, Sport’s CSR, Corporate Initiative, Ethical Responsibility.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Feb 2019 04:59
Last Modified: 27 Feb 2019 02:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46292

Actions (login required)

View Item View Item