PUTRO, EKO SULISTYO (2018) MERAWAT REPUTASI KORPORAT MELALUI PROGRAM ETHICAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016-2017: Program Bakti Olahraga Djarum Foundation). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
9. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
|
Text (BAB 2)
10. BAB 2.pdf Download (821kB) | Preview |
|
Text (BAB 3)
11. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
Text (BAB 4)
12. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 4)
12. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Image (BAB 5)
13. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
Abstract
Fenomena yang menjadi obyek penelitian ini adalah audisi/ajang pencarian bakat yang massif dalam dekade terakhir. Obyek penelitian ini AUDBB-program Audisi Beasiswa Bulutangkis yang digelar yayasan perusahaan rokok. AUDBB digelar khusus bagi anak-anak Indonesia bertalenta, berusia U11–U15 untuk dibina menjadi atlet bulutangkis tangguh berprestasi pada level dunia. Penelitian bermaksud mencari pengetahuan bagaimana Komunikasi Korporat perusahaan rokok (Djarum) bersama yayasan perusahaan (Djarum Foundation) merawat reputasi korporat melalui inisiatif korporat pada bidang olahraga sebagai tanggungjawab etik perusahaan. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk menganalisa alasan perusahaan rokok (Djarum) merawat reputasi korporat melalui program beasiswa olahraga bulutangkis. Kedua, untuk menggambarkan bagaimana praktik kegiatan inisiatif korporat atau inisiatif CSR di bidang olahraga yang dijalankan yayasan perusahaan dalam kontek merawat prestasi dan reputasi. Penelitian ini menggunakan bingkai pemikiran model Pyramid of CSR-Carroll dan model CRQ – Corporate Reputation Quotient, Harris/Fombrun. Paradigma penelitian komunikasi kualitatif ini adalah konstruktivism. Metode riset melalui pendekatan studi kasus versi Robert K Yin, tipe majemuk-menyeluruh, unit analisis individual. Data Primer diperoleh dari in-depth interview, observasi lapangan, dan dokumentasi. Data Sekunder diperoleh dari literasi pustaka. Pengumpulan data melalui metode multi sumber. Teknik Analisis Data menggunakan analisa teks model interaktif Miles dan Hubberman. Dari analisa data dan pembahasan penelitian, dihasilkan inferensi program CSR/Bakti Olahraga Djarum Foundation secara intrinsic dimaksudkan untuk merawat reputasi korporat (Djarum). Program AUDBB, teridentifikasi sebagai ujud komitmen perusahaan rokok (Djarum) dalam merawat prestasi dan reputasi bulutangkis menjadi bagian dari Glory of Indonesia. Djarum sebagai produsen rokok yang berstigma negatif, melalui AUDBB ‘merekontruksi’ secara kontra produktif menghasilkan sumberdaya manusia tangguh dan berprestasi melalui CSR bidang Olahraga. Dalam perspektif tipologi Pyramid of CSR model Carroll, Program AUDBB teridentifikasi sebagai implikasi aktualisasi inisiatif CSR - Ethical Responsibility yang berbasis pada etika dan moralitas. Program Ethical Responsibility sebagai salah satu jalan etik terbaik bagi perusahaan rokok (Djarum) dalam merawat reputasi.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-18-021 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110013 |
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility, Corporate Reputation, Sport’s CSR, Corporate Initiative, Ethical Responsibility, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 04:59 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 06:26 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46292 |
Actions (login required)
View Item |