STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV

RACHMAN, FIKRI AULIA (2018) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
07.ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
03.KATA PENGANTAR.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
04.DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
05.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
09.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB III)
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (BAB IV)
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB V)
12.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Program Standup Comedy Indonesia merupakan program hiburan di Kompas TV. Ini merupakan acara komedi yang ditayangkan oleh Kompas TV setiap Sabtu, Pukul 19.00-21.00 WIB. Selain itu program ini juga sebagai ajang kontestasi antara komika yang ada di seluruh Indonesia. Dimana audisi diadakan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak, Medan, dan kota lainnya. Melalui program ini ingin mencari anak muda yang memiliki bakat komedi dengan metode standup comedy. Terbukti banyak sekali para komika lahir dari program kontestasi komedi ini. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi kreatif produser dan tim kreatif apa yang diterapkan untuk mempertahankan eksistensi Program Standup Comedy Indonesia. Selain itu juga ingin melihat faktor pendorong dan penghambat dalam menerapkan strategi kreatif. Dalam penerapan strategi kreatif produser dilakukan di setiap tahapan produksi, meliputi tahapan pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Dalam pembahasannya menggunakan beberapa teori atau konsep, seperti teori manajemen, media massa, strategi kreatif produser, dan tahapan produksi film. Melalui teori manajemen akan memberikan penjelasan dari beberapa unsur untuk menerapkan stratei kreatif, seperti man, money, market, dan machine. Selain itu melalui fungsi manajemen juga melalui fungsi pengaturan dan perencanaan untuk strategi kreatif. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Maksudnya penyajian data dilakukan berupa tulisan, gambaran, atau penjelasan. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik wawancara diterapkan dengan mewawancarai Produser dan Tim Kreatif Program Standup Comedy Indonesia. Sedangkan studi pustaka melalui data yang berasal dari buku, jurnal, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif produser dibagi dalam tiga tahapan produksi. Pertama, strategi kreatif pada tahapan pra produksi dengan memunculkan ide baru dan beda dari acara sebelumnya. Di dalamnya terdapat proses brainstorming yang berasal tim kreatif terkait tren pasar di masyarakat luas. Kedua, strategi kreatif pada tahapan proses produksi dilakukan dengan menampilkan berbagai gimmick yang tidak diketahui oleh penonton banyak dan mengkoordinasi beberapa tim yang terlibat dalam pembuatan program komedi tersebut. Ketiga, strategi kreatif produser pada tahapan pasca produksi melalui proses editing dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh produser. Kemudian faktor pendorong strategi kreatif adalah adanya tim yang solid dalam program tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah dana yang dibutuhkan untuk melakukan gimmick.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 155
NIM: 44114010096
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KREATIF PRODUSER, PROGRAM, STAND UP COMEDY, KOMPAS TV
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 791 Public Performances/Pertunjukan Umum > 791.4 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Gerak, Radio, Televisi > 791.45 Television/Televisi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:04
Last Modified: 06 Nov 2018 03:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45103

Actions (login required)

View Item View Item