RACHMAN, FIKRI AULIA (2018) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM STAND UP COMEDY DI KOMPAS TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
07.ABSTRAK.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG _ PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
03.KATA PENGANTAR.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
04.DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
05.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
08.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (BAB II)
09.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (BAB III)
10.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
Text (BAB V)
12.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (BAB IV)
11.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
Abstract
Program Standup Comedy Indonesia merupakan program hiburan di Kompas TV. Ini merupakan acara komedi yang ditayangkan oleh Kompas TV setiap Sabtu, Pukul 19.00-21.00 WIB. Selain itu program ini juga sebagai ajang kontestasi antara komika yang ada di seluruh Indonesia. Dimana audisi diadakan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Makassar, Pontianak, Medan, dan kota lainnya. Melalui program ini ingin mencari anak muda yang memiliki bakat komedi dengan metode standup comedy. Terbukti banyak sekali para komika lahir dari program kontestasi komedi ini. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi kreatif produser dan tim kreatif apa yang diterapkan untuk mempertahankan eksistensi Program Standup Comedy Indonesia. Selain itu juga ingin melihat faktor pendorong dan penghambat dalam menerapkan strategi kreatif. Dalam penerapan strategi kreatif produser dilakukan di setiap tahapan produksi, meliputi tahapan pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Dalam pembahasannya menggunakan beberapa teori atau konsep, seperti teori manajemen, media massa, strategi kreatif produser, dan tahapan produksi film. Melalui teori manajemen akan memberikan penjelasan dari beberapa unsur untuk menerapkan stratei kreatif, seperti man, money, market, dan machine. Selain itu melalui fungsi manajemen juga melalui fungsi pengaturan dan perencanaan untuk strategi kreatif. Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Maksudnya penyajian data dilakukan berupa tulisan, gambaran, atau penjelasan. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara dan studi pustaka. Teknik wawancara diterapkan dengan mewawancarai Produser dan Tim Kreatif Program Standup Comedy Indonesia. Sedangkan studi pustaka melalui data yang berasal dari buku, jurnal, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif produser dibagi dalam tiga tahapan produksi. Pertama, strategi kreatif pada tahapan pra produksi dengan memunculkan ide baru dan beda dari acara sebelumnya. Di dalamnya terdapat proses brainstorming yang berasal tim kreatif terkait tren pasar di masyarakat luas. Kedua, strategi kreatif pada tahapan proses produksi dilakukan dengan menampilkan berbagai gimmick yang tidak diketahui oleh penonton banyak dan mengkoordinasi beberapa tim yang terlibat dalam pembuatan program komedi tersebut. Ketiga, strategi kreatif produser pada tahapan pasca produksi melalui proses editing dan evaluasi yang dilakukan langsung oleh produser. Kemudian faktor pendorong strategi kreatif adalah adanya tim yang solid dalam program tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah dana yang dibutuhkan untuk melakukan gimmick.
Actions (login required)
View Item |