AHSANDAINAKA, EKNA (2018) PERANCANGAN BOARD GAME DENGAN TEMA NUSANTARA DAN PENERAPAN TEKNIK BUKU POP UP. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar isi.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB VI)
14. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
Abstract
The development of the era to a modern direction today changed the mindset of many people, especially the millennial generation who lived in this time. This has many positive impacts, but it can not be denied that the development of technology also brings a negative impact for some users. One of them is the reduction of social interaction with others. This is due to the excessive use of mobile phones that people are more focused on the virtual world than the real life. In addition, the entry of western culture into our country also gives effect to the younger generation. Many of our cultures are little by little starting to be forgotten. The lack of interest of today's teenagers towards socio-cultural values and the lack of nationalist feelings are a factor in the forgetting of the nation's heritage culture. The purpose of designing a book board themed archipelago is to remind the user of the diversity of social culture in Indonesia. In addition, the creation of new rules in the board of this game aims to build interactions in order to strengthen the socialization return among users. Keywords: Social culture, board game, new rules. Perkembangan zaman ke arah yang lebih modern saat ini banyak mengubah pola pikir masyarakat, terutama generasi milenial yang hidup pada masanya. Hal ini banyak memberi dampak positif, namun tidak dapat dipungkiri bahwa berkembangnya teknologi juga membawa pengaruh negatif bagi beberapa penggunanya. Salah satunya adalah berkurangnya interaksi sosial dengan sesama. Hal ini berkenaan dengan penggunaan telepon genggam yang berlebihan sehingga orang-orang lebih fokus pada dunia maya dibanding dunia nyata. Disamping itu, masuknya budaya barat ke negara kita juga memberikan pengaruh terhadap generasi muda. Banyak budaya kita yang sedikit-demi sedikit mulai terlupakan. Kurangnya minat remaja masa kini terhadap nilai sosial budaya serta sedikitnya rasa nasionalis menjadi faktor pendukung terlupakannya budaya warisan bangsa. Maksud dari perancangan sebuah buku papan pernainan bertemakan Nusantara adalah sebagai upaya mengingatkan kembali kepada penggunanya tentang keaneka ragaman sosial budaya yang ada di Indonesia. Selain itu pembuatan peraturan baru dalam papan permainan ini bertujuan untuk membangun interaksi agar memperkuat kembali sosialisasi antar penggunanya. Kata kunci: Sosial budaya, mainan papan, tampilan dan peraturan baru.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FDKS/DP. 18 066 |
NIM/NIDN Creators: | 41914110064 |
Uncontrolled Keywords: | Sosial budaya, mainan papan, tampilan dan peraturan baru. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi, Ekonomi Makro dan Topik Terkait 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi, Ekonomi Makro dan Topik Terkait > 339.3 National Product/Produk Nasional |
Divisions: | Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk |
Depositing User: | Virda Syifa |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 08:15 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 01:57 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44926 |
Actions (login required)
View Item |