EFEKTIVITAS PROGRAM INTERVENSI PELATIHAN DAN BEROLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS X JAKARTA

FAIKOH, CHANIDA NUR (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM INTERVENSI PELATIHAN DAN BEROLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS X JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
5. Surat Pernyataan.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
3. Kata Pengantar.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GRAFIK)
8. Daftar Grafik.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)

Abstract

The purpose of this study is to see how far the effectiveness level of intervention programs is to increase Adversity Quotient. The approach taken in this study is a quantitative approach. With the quasi-experimental method, this study uses a Randomized Blocked One-Way Anova quasi experimental design model . The sample used in this study was the final level student of psychology bag at University X. The number of respondents in this quasi experimental research was 28 people. The sample selection technique used in this study is sampling randomization . Adversity Quotient is measured using the ARP ( Adversity Response Profile ) questionnaire consisting of 10 statement items. To support the AQ results, a training evaluation model Kirkpatrick (2006) was also used up to 3 stages of evaluation level (reaction, knowledge and behavior) . The results showed that there were differences in mean scores in the study group although not statistically significant (sig. Level = 0.04). A different posttest value from the pretest is possible because of the extranuous variables (external variables). The results of interviews and observations also support the research hypothesis that Kirkpatrick's evaluation shows participant satisfaction at the level of reaction evaluation and knowledge. Keywords : Adversity Quotient, training , exercise, intervention program, Kirkpatrick evaluation Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh tingkat efektivitas program intervensi untuk meningkatkan Adversity Quotient. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan metode kuasi eksperimen, penelitian ini menggunakan desain kuasi ekspermental model Randomized Blocked One-Way Anova. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi di Universitas X. Jumlah responden dalam penelitan kuasi eksperimental ini berjumlah 28 orang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomisasi sampling. Adversity Quotient diukur menggunakan kuesioner ARP (Adversity Response Profile) yang terdiri dari 10 item pernyataan. Untuk mendukung hasil AQ, digunakan pula evaluasi pelatihan model Kirkpatrick (2006) sampai pada 3 tahap tingkat evaluasi (reaksi, pengetahuan, dan perilaku). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean skor pada kelompok penelitian walaupun tidak signifikan secara statistik (sig. level = 0,04). Nilai posttest yang berbeda dari pretest dimungkinkan karena adanya extranuous variabel (variabel eksternal). Hasil wawancara dan observasi juga mendukung hipotesis penelitian yakni pada evaluasi Kirkpatrick yang menunjukkan kepuasan peserta pada tingkat evaluasi reaksi dan pengetahuan. Kata Kunci: Adversity Quotient, pelatihan, olahraga, program intervensi, evaluasi Kirkpatrick

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 18 074
NIM: 46114010107
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, pelatihan, olahraga, program intervensi, evaluasi Kirkpatrick
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.2 Miscellany of Psychology/Aneka Ragam di Bidang Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa > 150.7 Education of Psychology/Pendidikan Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:59
Last Modified: 12 Oct 2018 01:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44871

Actions (login required)

View Item View Item