HARYATI, SYERLI (2012) PROSES OPERASIONAL MEDIA RELATION PLAZA INDONESIA DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA GUNA MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF (Studi Kasus di Plaza Indonesia Shopping Center). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
01. COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
02. ABSTRAK.pdf Download (38kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
03. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (Bab 2)
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (Bab 3)
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (Bab 4)
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (Bab 5)
07. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
Abstract
Public Relations Plaza Indonesia sebagai komunikator perusahaan menganggap penting menjalin hubungan baik dengan Media untuk mencapai publisitas yang maksimum dan mempertahankan citra positifnya dalam menghadapi situasi kompetisi yang semakin ketat. Fokus penelitian adalah melihat bagaimana hubungan baik itu diciptakan dan dibangun? Kemudian bagaimana proses operasional dari kegiatan media relations berdasarkan proses kerja PR Empat Langkah?serta faktor-faktor apa yang menjadi daya dukung dan daya penghambat bagi keberhasilan kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif yang mencoba menemukan pemahaman dan interpretasi dari orang-orang yang terlibat didalam kegiatan tersebut. Tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menjadi pilihan agar mendapatkan deskripsi mendetail dan mendalam. Hasil penelitian terungkap fakta bahwa secara umum hubungan dengan Media telah terjalin harmonis meski ada beberapa informan yang bernada sinis. Public Relations Plaza Indonesia lebih menekankan membangun hubungan yang kokoh dan erat dengan Media sebagai relasi personal dibandingkan relasi tugas sehingga peran dan fungsi Public relations hanya sebatas menangani kontak dengan media, membuat siaran pers dan mengadakan kegiatan media gathering. Fungsi lain yang strategis tidak dilakukan yaitu sebagai penasehat ahli dalam menangani isu atau krisis perusahaan.. Kedudukan PR dalam struktur rendah berada di level staf dan sumber daya manusianya yang sedikit menjadi penghambat bagi kesuksesan menjalankan ke-empat peran PR. Untuk ke depan, PR harus mampu mengembangkan peran dan fungsinya dan melatih kemampuan PR Writing agar menjadi seorang pemberi informasi yang bernilai berita tinggi dan siap dalam menghadapi isu dan krisis perusahaan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-12-006 |
Call Number: | MKOM/2012/SYE/P |
NIM/NIDN Creators: | 55207110001 |
Uncontrolled Keywords: | Media Relations, Prinsip-prinsip hubungan baik dengan Media, Proses Operasional Empat Langkah Cutlip, Center & Broom. Studi Kasus, MEDIA, Manajemen Bisnis dan Industri Media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Virda Syifa |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 03:16 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:40 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43289 |
Actions (login required)
View Item |