WICAKSONO, RIZKY DWI (2018) CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT (CRM) PT. FILLOMATIC GLOBAL INDUSTRIES INDONESIA DALAM MENGELOLA OPINI PELANGGAN PADA LAYANAN SERVIS MESIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Judul.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03. Abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02. Lembar Persetujuan Skripsi, Pengesahan Perbaikan _ Tanda Lulus Sidang Skripsi.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata pengantar.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar isi .pdf Download (80kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (BAB II)
07. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB III)
08. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text (BAB V)
10. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
12. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
Abstract
Opini pelanggan sangat penting bagi perusahaan karena merupakan keseluruhan kesan yang terbentuk dibenak pelanggan tentang perusahaan. Berkembangnya opini negatif dari beberapa pelanggan, terkait dengan pelayanan servis yang kurang baik dan terkesan lambat dalam merespon permintaan hal ini akan mengganggu tujuan utama dari perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Pada penelitian ini penulis menggunakan teori dari Kotler (2008) dimana CRM adalah keseluruhan proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang menguntunggkan dengan menghantarkan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Dan Cutlip (1990) dimana opini adalah sebagai pengekspresian suatu sikap mengenai persoalan yang mengandung pertentangan. Opini juga diartikan sebagai pendapat atau pandangan tentang suatu persoalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Dari hasil wawancara mendalam ini peneliti menemukan jawaban terkait dengan Customer Relations Management (CRM) PT. Fillomatic Global Industries Indonesia dalam mengelola opini pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa langkah-langkah Customer Relationship Management (CRM) PT. Fillomatic Global Industries Indonesia dalam mengelola opini pelanggan dengan menggunakan tiga pendekatan mulai dari people dalam hal ini pelanggan, proses dan interaksi. Customer Relations Management (CRM) secara tidak langsung membantu perusahaan untuk menjaga hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan melalui komunikasi dan pelayanan yang baik.
Actions (login required)
View Item |