INTERAKSI PEGAWAI BARU DENGAN BUDAYA ORGANISASI ( STUDI TENTANG PERILAKU KOMUNIKASI PEGAWAI BARU DALAM PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI DI INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA INDONESIA)

SUSANTO, AGUS (2011) INTERAKSI PEGAWAI BARU DENGAN BUDAYA ORGANISASI ( STUDI TENTANG PERILAKU KOMUNIKASI PEGAWAI BARU DALAM PROSES SOSIALISASI BUDAYA ORGANISASI DI INSTITUT BISNIS DAN INFORMATIKA INDONESIA). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Proses sosialisasi pegawai baru dengan budaya organisasi merupakan tahapan awal yang dilalui oleh setiap pegawai baru dalam memasuki dunia kerja yang baru. Meskipun kelihatan sederhana tetapi proses sosialisasi merupakan fenomena yang kompleks karena melibatkan perilaku komunikasi di dalamnya. Penelitian ini akan membedah tentang perilaku komunikasi yang didasarkan pada proses sosialisasi yang terjadi di Institut Bisnis dan Informatika Indonesia pada periode Agustus 2010 sampai dengan Maret 2011. Fenomena tentang sosialisasi pegawai baru dengan budaya organisasi ini dikaji dengan menggunakan perspektif kualitatif dengan metodologi fenomenologi yang dipadukan dengan interaksi simbolik. Proses sosialisasi pegawai baru dengan budaya organisasi ini akan dikaji dari sudut pandang pelaku proses sosialisasi tersebut. Penelitian ini membedah tentang motif yang mendasari perjumpaan pegawai baru dengan budaya organisasi, tahapan sosialisasi yang terjadi dan perilaku komunikasi yang terbentuk selama proses sosialisasi. Penelitian yang terjadi menemukan bahwa motif yang mendasari terjadinya interaksi pegawai baru dengan budaya organisasi terbagi atas tiga motif yaitu motif masa lalu, motif masa kini dan motif masa depan. Proses sosialisasi terjadi dalam empat tahapan yang meliputi tahap pengenalan, tahap perjumpaan, tahap adaptasi dan tahap aktualisasi. Sedangkan perilaku komunikasi yang terbentuk terdiri atas komunikasi intrapersona dan komunikasi antarpersona. Komunikasi intrapersona yang terjadi meliputi dialog kesenangan, dialog kecemasan, dialog kebingungan dan dialog keyakinan. Komunikasi antarpersona terjadi antara rekan satu bagian, komunikasi dengan atasan, komunikasi dengan pegawai senior dan komunikasi dengan komunitas pegawai.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-11-006
Call Number: 52/CMC/2011/005
NIM/NIDN Creators: 55209110023
Uncontrolled Keywords: Interaksi, budaya organisasi, perilaku komunikasi, pegawai baru, sosialisasi, CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 03 Jan 2019 08:03
Last Modified: 20 Jul 2022 04:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42688

Actions (login required)

View Item View Item