POLA KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK BUPATI PURWAKARTA

Rohendi, Rohendi (2011) POLA KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK BUPATI PURWAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAKSI TESIS.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
TESIS GEMPUNGAN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB 2)
TESIS GEMPUNGAN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB 3)
TESIS GEMPUNGAN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB 4)
TESIS GEMPUNGAN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
TESIS GEMPUNGAN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (Daftra Pustaka)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Komunikasi politik yang dibangun dalam Pemilu dan Pilkada di Indonesia selama ini, lebih banyak dilakukan melalui model kampanye yang didominasi oleh penggunaan teknik kampanye konvensional.Kampanye yang bercorak euphoria, menghadirkan banyak massa, turun ke jalan, konvoi kendaraan, pasang bendera, hingga bernyanyi dan bejoged. Bentuk kampanye seperti ini selain memberikan ruang terjadinya anarkisme dan bentrokan antar pendukung juga biasnya pertanggung jawaban kontenstan dalam visi dan misi setelah mereka terpilih. Seiring dengan perubahan cara berdemokrasi bangsa ini, paradigma berpikir pemilih secara perlahan bergeser dari Political Party Centre ke arah Voter Centre. Ideologi Politik yang dahulu menjadi daya tawar bagi para pemilih, kini bergeser pada terpenuhinya keinginan dan kebutuhan pemilih. Konsekuensi dari hal itu maka strategi pemasaran produk politik harus lebih menekankan pada aspek selera pasar pemilih daripada ideologi partai atau kontestan itu sendiri. Fenomena Bupati Purwakarta merupakan hal yang masih jarang didapatkan dari seorang politisi yang memanfaatkan kekuasaanya untuk membangun tatanan masyarakat sekaligus membangun image politik dirinya. Seakan susah untuk diurai membedakaan apakah yang dilakukan oleh Bupati itu sebuah kampanye pembangunan atau kampanye politik. Bagi masyarakat sunda prinsip “karaos nembe kahartos” (terasa baru mengerti) cukup untuk meyakinkan bahwa Bupati Purwakarta adalah pemimpin yang masih dipelukan baik kini maupun mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana konstruksi komunikasi politik yang dilakukan dan bagaimana pola-pola komunikasi pemasaran politik yang dibangun?. Prespektif teoritis dalam kajian penelitian ini mencoba untuk menjelaskan apa yang dilakukan Bupati Purwakarta dengan kegiatan Gempungannya. Pendekatan fenomenologi dilakukan guna menyelami konstruksi komunikasi dalam kegiatan tersebut yang selanjutnya peneliti mengurai konstruksi tersebut guna menemukan pola-pola komunikasi pemasaran politik di dalamnya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/MKP/2011/004
NIM/NIDN Creators: 55208110048
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 175 Ethics of Recreation, Public Performances, Communication/Etika di Bidang Rekreasi dan Olah Raga, Etika Pertandingan, Etika Penampilan, Etika Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:59
Last Modified: 03 Jan 2019 07:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42680

Actions (login required)

View Item View Item