KOMPETISI ANTAR MEDIA TELEVISI DALAM MEMPEREBUTKAN IKLAN ( APLIKASI TEORI NICHE TERHADAP TINGKAT KOMPETISI ANTARA METRO TV DAN TV ONE)

Yulia, Momy Asri (2011) KOMPETISI ANTAR MEDIA TELEVISI DALAM MEMPEREBUTKAN IKLAN ( APLIKASI TEORI NICHE TERHADAP TINGKAT KOMPETISI ANTARA METRO TV DAN TV ONE). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Kehadiran televisi berbasis berita mulai bermunculan seiring dengan tuntutan media massa sebagai media edukasi. Metro TV dan TV One sebagai sama-sama televisi berbasis berita, memiliki pasar yang relatif sejenis, maka kedua stasiun TV ini akan berkompetisi karena mereka membidik penonton dan pengiklan yang relatif sama. Dalam penelitian ini difokuskan pada kompetisi dalam memperebutkan iklan. Objek penelitian ini adalah program berita Metro Hari Ini di stasiun televisi Metro TV dan program berita Kabar Petang di stasiun TV One. Kompetisi yang akan diukur menggunakan teori niche dimana akan dihitung besaran niche breadth atau ruang kehidupan dan niche overlapnya (tingkat tumpang tindih) dari kategori bentuk iklan dan jenis iklan, pengumpulan data dengan metode analisis isi. Populasi dalam penelitian ini adalah tayangan iklan yang ada dalam program Metro Hari Ini dan Kabar Petang pada tanggal 2 Februari 2011, yang berjumlah 96 iklan. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu menggunakan seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel, yaitu sebanyak 96 iklan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah iklan. Dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.93, maka kategori dinyatakan dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan niche breadth jenis iklan pada program Kabar Petang di TV One dengan angka 1,2333 yang mendekati nilai nol atau nilai minimum, dapat dikatakan bahwa program ini tergolong spesialis. Artinya program ini hanya mengandalkan jenis iklan tertentu saja sebagai sumber penghidupannya. Sedangkan Niche breadth berdasarkan bentuk iklan pada program kabar petang TV One memiliki angka nol atau sama sekali tidak memiliki sumber penghidupan dari bentuk-bentuk iklan siluman, iklan yang ditempatkan dalam program acara maupun iklan infomercial. Niche breadth berdasarkan jenis iklan pada program Metro Hari Ini di Metro TV dengan angka 2,0517, dengan nilai maksimum 9 masih dapat dikatakan bahwa program ini tergolong spesialis ke arah moderat. Artinya program ini masih mengandalkan jenis iklan tertentu sebagai sumber penghidupannya tetapi sudah lebih mendekati ke titik moderat dibandingkan dengan TV One. Sedangkan niche breadth berdasarkan bentuk iklan pada program Metro Hari Ini di Metro TV memiliki angka 1, yang artinya memiliki sumber penghidupan dari bentuk-bentuk iklan dalam hal ini adalah iklan infomercial. Walaupun Kabar Petang memiliki jumlah iklan yang jauh lebih banyak (frekuensi besar) daripada Metro Hari Ini, tetapi ternyata penghitungan niche breadth membuktikan Metro Hari Ini memiliki nilai niche breadth yang lebih besar daripada Kabar Petang, sehingga dapat dikatakan Metro Hari Ini dapat lebih bertahan hidup karena sumber penghidupannya yang lebih beragam. Sedangkan untuk niche overlap antar kedua stasiun televisi berada pada angka 1,0731, yang memiliki arti tingkat kompetisi berada pada tingkat tidak terlalu tinggi atau kompetisi tidak ketat. Hal ini dikarenakan ada dua kategori yang salah satu stasiun televisi tidak memilikinya, yaitu kategori jenis iklan maklumat dan bentuk iklan infomercial yang terdapat dalam program Metro Hari Ini di Metro TV dan tidak terdapat pada program Kabar Petang di TV One. Konsekuensi kompetisi yang terjadi melihat hasil perhitungan niche overlap di atas adalah konsekuensi yang pertama, yaitu kompetisi tidak ketat, karena itu media yang berkompetisi masih dapat eksis tanpa mengalami kerusakan secara ekonomi.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/MKP/2011/012
NIM: 55208110038
Uncontrolled Keywords: Kompetisi Media, Teori Niche, Kompetisi Media Televisi, Ekonomi Media
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 170 Ethics, Moral Philosophy/Etika, Filsafat Moral > 175 Ethics of Recreation, Public Performances, Communication/Etika di Bidang Rekreasi dan Olah Raga, Etika Pertandingan, Etika Penampilan, Etika Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.3 Computer Communication/Komunikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:58
Last Modified: 03 Jan 2019 07:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42679

Actions (login required)

View Item View Item