WAHID, HILALUDIN (2018) MAKNA WIRAUSAHA DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM PESAN IKLAN TOKOPEDIA VERSI BERANI MEMULAI, BERANI BERUSAHA DI MEDIA YOUTUBE). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (35kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Pada umumnya iklan yang diproduksi oleh perusahaan yang bergerak dibidang E-commerce bertujuan untuk mempromosikan produk-produk tertentu dengan diskon yang menarik dengan berbagai subsidi dan promo harga kompetitif untuk konsumen, berbeda halnya dengan iklan Tokopedia, menggunakan konsep wirausaha sebagai gambaran dalam iklannya untuk menanamkan ide atau kesan tertentu kepada khalayak. Iklan ini mendapatkan perhatian khalayak karena mengusung nilai-nilai produktifvitas seorang wirausaha. Penulis merasa perlu adanya penjabaran mengenai makna wirausaha yang diproduksi oleh iklan Tokopedia yang disandingkan dengan makna wirausaha yang sesungguhnya adalah sesuatu yang terjadi secara alamiah dalam kehidupan sosial secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna wirausaha dalam iklan Tokopedia dengan pendekatan semiotika Roland Barthes yang mana mengungkap makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam pesan iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis, sehingga diharapkan dapat membantu menunjukkan lambang-lambang apa saja yang menunjukkan makna wirausaha dalam iklan yang penulis jadikan objek penelitian. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna wirausaha dalam iklan Tokopedia versi berani memulai, berani berusaha adalah proses kerja keras diawal memulai usaha sangatlah menguras tenaga dan pikiran, terlebih dilakukan dengan cara-cara lama yang masih memiliki keterbatasan ruang dan waktu, dan kerja cerdas yang diwujudkan dengan menggunakan Tokopedia dapat memangkas waktu dan tenaga, sehingga proses menjadi wirausaha yang sukses akan menjadi lebih cepat terwujud. Kata kunci : Iklan, Makna, Wirausaha, Semiotika, Roland Barthes
Actions (login required)
View Item |