STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT CITOSARANA JASAPRATAMA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Deskriptif Pada Customer Service PT Citosarana Jasapratama)

PUTRI, NALA AFNI (2018) STRATEGI CUSTOMER RELATIONS PT CITOSARANA JASAPRATAMA DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Deskriptif Pada Customer Service PT Citosarana Jasapratama). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
4. Kata Pengantar.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
5. Daftar Isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
6. Daftar Tabel.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. Daftar Lampiran.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun loyalitas pelanggan adalah dengan menyusun strategi customer relations yang tepat. Customer relations dapat berjalan dengan baik apabila komunikasi yang terjadi antara pihak-pihak yang saling berhubungan terjalin dengan baik. Komunikasi yang terjalin harus saling berkesinambungan dan dua arah agar terjadi komunikasi yang efektif. Untuk saling memberi dan menerima informasi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan CitoXpress membutuhkan strategi yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya dan mencapai tujuan perusahaan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi customer relations PT. Citosarana Jasapratama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, hal ini diperlukan karena sebelumnya peneliti melihat ada kemunduran jumlah pelanggan namun dapat diatasi dengan cepat dan kembali mendapat kepercayaan dari pelanggan, kemudian apa saja aktivitas customer relations yang dilakukan perusahaan kepada pelanggannya dan bagaimana bentuk loyalitas dari pelanggan perusahaan. Penelitian ini menggunakan sudut pandang konstruktivistik untuk dengan metode penelitian deskriptif-kualitatif, untuk mendeskripsikan seluruh gejala atau keadaan yang ada. Peneliti mengamati langsung dan melakukan wawancara secara mendalam untuk mendapatkan informasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada 4 tahap strategi customer relations yang digunakan yaitu mencari tahu kebutuhan pelanggan, membuat perencanaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kemudian memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dan evaluasi kerja untuk mengetahui hasil kerja. Hal itu menunjukkan CitoXpress memiliki strategi dalam membangun loyalitas pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan aman. Kemudian ada 2 kegiatan utama yang dilakukan yaitu consumer information (tracing, info reject dan telemarketing) dan complaint handling (menangani keluhan pelanggan dan memberikan solusi bagi pelanggan). Serta bentuk loyalitas pelanggan ditunjukkan dengan menjadi pelanggan yang cukup lama di perusahaan dan tetap setia menjadikan perusahaan sebagai layanan jasa pengiriman barang yang utama bagi pelanggan tersebut. Kata Kunci : Strategi, Customer Relations, Loyalitas, Pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 125
NIM/NIDN Creators: 44213110105
Uncontrolled Keywords: Strategi, Customer Relations, Loyalitas, Pelanggan
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Apr 2018 02:52
Last Modified: 15 Feb 2022 03:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41565

Actions (login required)

View Item View Item