PUTRI, ADE HIKA INTAN SEPTIANI SANTOSO (2018) PROSES PENGELOLAAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP) PERUM PERHUTANI MELALUI WEBSITE www.perhutani.co.id. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada era digital seperti saat ini, kebutuhan publik akan informasi dan komunikasi sangat tinggi. Kemajuan teknologi membuat publik makin mudah mengakses informasi kapanpun dan dimanapun. Informasi dari lembaga yang kredibel diharapkan mampu menahan arus infromasi yang salah. Oleh karena itu muncul Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang mengatur segala sesuatu mengenai kewajiban Badan Publik dalam melaksanakan KIP sesuai dengan porsinya. KIP sangat erat hubungannya dengan komunikasi dan Public Relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Keterbukaan Informasi Publik Perum Perhutani dilaksanakan melalui website resminya yaitu “www.perhutani.co.id”. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi Harold D. Laswell, proses Public Relations Scott M. Cutlip, Keterbukaan Informasi Publik dan publisitas. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman serta teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya Perum Perhutani sebagai salah satu Badan Publik telah berupaya melaksanakan Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik terutama pelayanan via online melalui website resminya www.perhutani.co.id, namun perlu dilakukan re-design website, survei kepuasan stakeholder, sosialisasi KIP dan pembuatan standar penilaian KIP internal untuk menyempurnakan pelayanan informasi publik tersebut. Key Word : Komunikasi, Public Relations, Keterbukaan Informasi Publik, KIP, Website, pelayanan informasi
Actions (login required)
View Item |