PENERAPAN KEGIATAN EDUKASI PUBLIC RELATIONS NET TV DALAM MENCIPTAKAN CITIZEN JOURNALIST

HERMAYANTI, YUVITA DHITA (2017) PENERAPAN KEGIATAN EDUKASI PUBLIC RELATIONS NET TV DALAM MENCIPTAKAN CITIZEN JOURNALIST. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Citizen journalism telah merambah media televisi bukan hanya di luar, namun juga di dalam negeri. Saat ini, salah satu stasiun televisi di Indonesia yang gencar dengan citizen journalism adalah NET TV melalui program dan situs NET Citizen Journalist. Dalam upaya menuju wadah jurnalistik yang mumpuni bagi masyarakat, NET TV mempunyai kebutuhan pemenuhan kualitas dan kuantitas video dari citizen journalist. Kebutuhan kuantitas dan kualitas tersebut akan dipenuhi dengan adanya publik yang terinfo dan teredukasi dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor-faktor dan masalah yang terjadi yang menjadi pertimbangan dilaksanakannya kegiatan public relations untuk menciptakan citizen journalist; dan (2) Mengetahui penerapan kegiatan public relations dalam menciptakan citizen journalist. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode studi kasus dengan ppendekatan kualitatif. Empat orang informan kunci dari NET TV dan lima orang dari anggota Citizen Journalist dipilih secara purposif untuk diwawancara secara mendalam untuk menggali berbagai macam informasi sasaran. Data primer tersebut ditriangulasi dengan studi dokumen dan literatur yang ada. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tujuan NET TV adalah menjadi tontonan sekaligus tuntunan dan juga menyediakan wadah, edukasi serta kesempatan pada masyarakat untuk berkiprah di ranah media. Dalam mencapai tujuan strategis tersebut, kemudian diturunkan menjadi langkah-langkah taktis melibatkan integrasi antar fungsi, yang dalam hal ini adalah fungsi public relations dan pemberitaan (news). Divisi News memiliki kebutuhan-kebutuhan yang hanya bisa dicapai dengan integrasi bersama bagian Public Relations. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan kuantitas member dan video dari citizen journalist, serta kebutuhan kualitas citizen journalist yang dinilai dari variasi dan kelengkapan konten 5W 1H dan teknik pengambilan gambar oleh citizen journalist.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-090
NIM/NIDN Creators: 55214110039
Uncontrolled Keywords: Public relations, edukasi, televisi, citizen journalist, Public relations, education, television, citizen journalist. Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 23 Mar 2018 07:27
Last Modified: 22 Jun 2022 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41264

Actions (login required)

View Item View Item