REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes)

SUSANTO, AYU INTAN PARAMITHA PATMAWATI (2018) REPRESENTASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN LUX DI TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN, TANDA LULUS & PENGESAHAN PERBAIKAN.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
06.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

LUX selalu menampilkan perempuan-perempuan cantik untuk menjadi ikon produknya. Karena identik dengan iklan yang eksklusif dan bintang-bintang papan atas Indonesia, iklan LUX selalu menarik dan disukai pemirsanya baik laki-laki maupun perempuan. Iklan dalam produk sabun kecantikan LUX rupanya mempunyai banyak makna yang terpendam. Representasi yang ditampilkan oleh model perempuan dalam iklan tersebut ternyata memuat banyak ideologi yang sengaja ditampilkan secara implisit. Ada dua proses representasi yaitu representasi mental dan representasi bahasa. Representasi mental adalah konsep tentang “sesuatu” yang ada dikepala kita masingmasing, representasi ini masih berbentuk sesuatu yang abstrak. Sedangkan representasi bahasa adalah representasi yang berperan penting dalam konstruksi makna. Konsep abstrak yang ada dalam kepala kita diterjemahkan dalam bahasa yang lazim, supaya kita dapat menghubungkan konsep dan ide-ide kita tentang sesuatu dengan tanda-tanda dan simbol - simbol tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dari Roland Barthes. Metode semiotika dari Roland Barthes sangat cocok untuk dijadikan pisau analisis dalam penelitian ini karena bisa mengungkap makna-makna tersembunyi di dalam teks, tanda, serta mitos dalam iklan sabun LUX. Penelitian ini menggunakan iklan LUX di televisi versi objek Tamara Bleszynki, Dian Sastrowadoyo, Atiqah Hasiholan dan Mariana Renata. Observasi mendalam dilakukan terhadap iklan sehingga bisa didapatkan deskripsi iklan yang mendetail. Deskripsi ini meliputi aspek visual dan verbal pada iklan tersebut. Analisis semiotik ini akan menemukan makna-makna teks yang tersembunyi. Kemewahan dan keglamouran visual iklan ini memberikan makna bagi konsumennya ketika kita telah memakai sabun LUX, identitas kita akan naik serupa bintang karena aura kita telah sama dengan para bintang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 115
NIM: 44114010172
Uncontrolled Keywords: representasi, iklan, semiotika, tubuh wanita.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.4 Journalism/Jurnalisme, Jurnalistik, Pers > 070.48 Journalism Directed to Special Groups/Jurnalistik Disutradarai oleh Kelompok Khusus > 070.483 Groups by Age and Sex/Kelompok Menurut Usia dan Jenis Kelamin > 070.4833 Young Adults/Orang Dewasa Muda > 070.48337 Young Women/Wanita Muda
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 128 Humankind/Filsafat Kehidupan Manusia > 128.6 Body/Tubuh
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 23 Mar 2018 04:35
Last Modified: 11 Oct 2018 07:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41260

Actions (login required)

View Item View Item