REPRESENTASI PERGESERAN MASKULINITAS LAKI-LAKI DALAM IKLAN KOMERSIL (Studi Kasus Dalam Iklan Go-Jek "Arang Dan Asa" Dan Royco Versi #Loveatfirsttaste)

A, INDANAVETTA PUTRI B.G (2018) REPRESENTASI PERGESERAN MASKULINITAS LAKI-LAKI DALAM IKLAN KOMERSIL (Studi Kasus Dalam Iklan Go-Jek "Arang Dan Asa" Dan Royco Versi #Loveatfirsttaste). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Lembar Judul.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Badan dan Tabel .pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar Gambar.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)

Abstract

Sebagai sebuah elemen dalam media massa, periklanan memiliki potensi untuk menjadi parameter atau implementasi wacana yang menggugat adanya bias ketidakadilan gender. Dalam sudut pandang lain, periklanan bahkan dapat menjadi sarana legitimasi hegemoni ideologi sekaligus melestarikan dominasi ideologi patriarki. Kajian mengenai maskulinitas laki-laki diharapkan dapat membawa keseimbangan dalam kajian gender, bahwa ketidakadilan gender dan konstruksi budaya patriarki bukan hanya merugikan perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui representasi maskulinitas dalam iklan Go-Jek “Arang dan Asa” dan Royco “#LoveAtFirstTaste”. Metode yang digunakan adalah dengan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adegan dan dialog yang diambil dari dua iklan tersebut. Dalam menganalisis data, setelah pengumpulan data, peneliti menggunakan pendekatan model semiotika peta tanda dari Roland Barthes. Sumber data penelitian terutama yang digunakan berupa data primer untuk mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua iklan tersebut mengusung representasi ideologi Maskulinitas Baru yang ditempelkan dalam kedua iklan ini , menawarkan solusi bagaimana laki-laki telah berubah dari nilai maskulinitas tradisional dan budaya patriarki yang masih mengakar kuat di masyarakat. Namun, ideologi ini hanya terkesan sebagai tempelan dan menjadi strategi yang digunakan tak lebih sebagai nilai tambah lebih dari produk yang ditawarkan. Kentalnya budaya patriarki yang telah mengakar kuat tetap muncul dalam iklan-iklan ini sehingga ideologi Maskulinitas Baru yang coba dimunculkan dalam kedua iklan tersebut tampil hanya sebagai imaji sekaligus ilusi bahwa laki-laki modern kini tak lagi patriarkis, padahal pada kenyataannya budaya tersebut tetap langgeng dan dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia. Keywords: masculinity, patriarchy, representation, hegemony, ideology

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 18 018
NIM/NIDN Creators: 44313110036
Uncontrolled Keywords: masculinity, patriarchy, representation, hegemony, ideology
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Mar 2018 02:43
Last Modified: 21 Feb 2022 07:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41040

Actions (login required)

View Item View Item