REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI) (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

MUHARLY, RAFFI (2018) REPRESENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM FILM ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI) (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
07. Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02. Lembar Pernyataan.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
06. Lembar Pengesahan Perbaikan Skripsi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
08. Kata Pengantar.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
09. Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
10. Daftar Tabel.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Film adalah bentuk dominan dari komunikasi massa visual di dunia saat ini. Lebih dari jutaan orang menonton film di bioskop, film, televisi dan film video laser. Dalam film terkandung fungsi informatif maupun edukatif, bahkan persuasive. Penggunaan film sebagai sarana edukasi dapat menjadi sarana yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan baik melalui gambar, suara dan kata yang diucapkan. Film umumnya dibangun dengan banyak tanda. Tanda-tanda itu termasuk berbagai sistem tanda yang bekerjasama dengan baik dengan upaya mencapai efek yang diharapkan. Penelitian ini kemudian menganalisis tiap tanda yang memiliki nilai-nilai pendidikan dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)”. Analisis semiotika dilakukan berdasarkan Model Ferdinand De Saussure untuk menelaah tiap tanda-tanda yang dikomunikasikan dalam film. Berdasarkan penelitian, penulis melihat nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)” berdasarkan pada visual yang disajikan tiap adegan. Unit-unit analisis yang dipergunakan adalah tanda-tanda dalam gambar bergerak (film) yang telah dikombinasikan menjadi kode-kode sehingga dapat memungkinkan suatu pesan disampaikan. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melihat data pada unsur-unsur verbal dan non-verbal dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)”. Data tersebut dilihat dari gambar, suara dan kata dalam tiap adegan yang memiliki nilai-nilai pendidikan. Adegan-adegan dalam film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)” memuat mitos yang menyimpan ideologi pendidikan yang dikemas oleh pembuat film. Mitos dan ideologi pendidikan dalam film membuat penonton seolah diberikan gambaran bahwa apa yang ada pada film ini dibenarkan secara sudut pandang dan pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 030
NIM: 44113010030
Uncontrolled Keywords: REPRESENTASI, NILAI-NILAI PENDIDIKAN, FILM ALANGKAH LUCUNYA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.2 Relationship with the Community/Hubungan Perpustakaan dengan Masyarakat > 021.24 Educational Role/Peran Pendidikan
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.1 Education/Pendidikan
200 Religion/Agama > 200. Religion/Agama > 207 Missions and Religious Education/Misi dan Pendidikan Agama > 207.5 Religious Education/Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.4 Religious Education of Specific Groups/Pendidikan Agama Kelompok Tertentu
200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.7 Development and Activity of Islam/Perkembangan dan Kegiatan Islam > 297.73 Islamic Education/Pendidikan Islam > 297.731 Islamic Education Methods and Systems/Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Mar 2018 05:08
Last Modified: 01 Oct 2018 05:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40922

Actions (login required)

View Item View Item