CITRA HARY TANOESOEDIBJO DALAM IKLAN MARS PARTAI PERINDO (Analisis Semiotik pada Iklan Mars Perindo Versi 6 di MNC Media)

MANURUNG, YESICA LENARIA (2018) CITRA HARY TANOESOEDIBJO DALAM IKLAN MARS PARTAI PERINDO (Analisis Semiotik pada Iklan Mars Perindo Versi 6 di MNC Media). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB II)
09.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB IV)
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
12.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

Menjelang dimulainya pemilu pada tahun 2014 lalu, pemilik dari media televisi banyak berpartisipasi ke dalam dunia perpolitikan di Indonesia dengan bergabung dalam sebuah partai politik atau bahkan mendirikan partai politik, sebagai contohnya Hary Tanoesoedibjo yang merupakan pemilik dari MNC Group. Hary Tanoesoedibjo dengan partai Perindo yang baru saja lahir dalam dunia politik Indonesia, memerlukan publisitas untuk menunjukan eksistensi diri dan partainya di tengah masyarakat salah satunya melalui iklan politik yang sedang marak diputar dengan lagu identitasnya yakni Mars Perindo. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan sebagai unit analisis adalah teori semiotika model Charles Sanders Peirce, yang membagi tanda menjadi ikon, indeks dan simbol. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis semiotika. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui ikon, indeks dan simbol dalam iklan, dan bagaimana citra Hary Tanoe digambarkan dalam iklan, serta untuk mengetahui proses produksi pesan dalam iklan Mars Partai Perindo tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa citra yang ingin ditampilkan dalam iklan partai Perindo adalah sosok Hary Tanoe yang merangkul masyarakat ekonomi lemah. Hary Tanoe juga sosok yang sangat mengakui pluralitas yang ditandai dengan ikon, indeks dan simbol yang muncul dalam iklan yang menggambarkan keberagaman rakyat Indonesia. Keyword: Citra, Hary Tanoesoedibjo, Iklan, Partai Perindo, Semiotika

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 041
NIM: 44215120143
Uncontrolled Keywords: Citra, Hary Tanoesoedibjo, Iklan, Partai Perindo, Semiotika
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.234 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Bergerak, Radio, Televisi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Mar 2018 08:41
Last Modified: 01 Oct 2018 07:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40900

Actions (login required)

View Item View Item