MANURUNG, YESICA LENARIA (2018) CITRA HARY TANOESOEDIBJO DALAM IKLAN MARS PARTAI PERINDO (Analisis Semiotik pada Iklan Mars Perindo Versi 6 di MNC Media). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG _ PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
|
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
07.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
08.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB II)
09.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (BAB III)
10.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (BAB IV)
11.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
||
Text (BAB V)
12.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
Abstract
Menjelang dimulainya pemilu pada tahun 2014 lalu, pemilik dari media televisi banyak berpartisipasi ke dalam dunia perpolitikan di Indonesia dengan bergabung dalam sebuah partai politik atau bahkan mendirikan partai politik, sebagai contohnya Hary Tanoesoedibjo yang merupakan pemilik dari MNC Group. Hary Tanoesoedibjo dengan partai Perindo yang baru saja lahir dalam dunia politik Indonesia, memerlukan publisitas untuk menunjukan eksistensi diri dan partainya di tengah masyarakat salah satunya melalui iklan politik yang sedang marak diputar dengan lagu identitasnya yakni Mars Perindo. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan sebagai unit analisis adalah teori semiotika model Charles Sanders Peirce, yang membagi tanda menjadi ikon, indeks dan simbol. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis semiotika. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui ikon, indeks dan simbol dalam iklan, dan bagaimana citra Hary Tanoe digambarkan dalam iklan, serta untuk mengetahui proses produksi pesan dalam iklan Mars Partai Perindo tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa citra yang ingin ditampilkan dalam iklan partai Perindo adalah sosok Hary Tanoe yang merangkul masyarakat ekonomi lemah. Hary Tanoe juga sosok yang sangat mengakui pluralitas yang ditandai dengan ikon, indeks dan simbol yang muncul dalam iklan yang menggambarkan keberagaman rakyat Indonesia. Keyword: Citra, Hary Tanoesoedibjo, Iklan, Partai Perindo, Semiotika
Actions (login required)
View Item |