ANALISA KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG JALAN JEND GATOT SUBROTO SETELAH PEMBANGUNAN SIMPANG SUSUN SEMANGGI

MANIHURUK, MAYASARI (2018) ANALISA KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG JALAN JEND GATOT SUBROTO SETELAH PEMBANGUNAN SIMPANG SUSUN SEMANGGI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pernyataan Keaslian TA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui pada system transportasi perkotaan adalah timbulnya kemacetan lalu lintas di ruas jalan dimana kapasitas jalan tidak bisa menampung volume kendaraan berlebih sehingga menimbulkan kemacetan. Melihat permasalahan yang ada maka Gubernur Jakarta membangun Simpang Susun Semanggi untuk meningkatkan kapasitas ruas jalan dan mengurangi tingkat kemacetan di beberapa ruas jalan tersebut. Maka perlu adanya analisa terhadap kinerja ruas jalan dan simpang dimana penulis mengambil titik survey di ruas jalan Jend Gatot Subroto yaitu arah yang menuju kearah barat simpang susun semanggi atau yang hendak menuju ke slipi dan ke arah Timur menuju Pancoran serta kinerja simpang tak bersinyal jalan Jend Gatot Subroto dan jalan Gerbang Pemuda. Data-data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja ini adalah data primer yang berupa hasil survai lalu lintas pada jam puncak dengan metoda pencacahan secara manual berdasarkan hasil rekaman kamera D-SLR yang berisi video pantauan arus lalu lintas pada waktu dan hari yang telah ditentukan. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis jalan ini secara umum mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997. Kinerja jalan atau kapasitas jalan Jend Gatot Subroto di Pos survey 1- Pos survey 2 memiliki nilai kapasitas (C) = 4419 smp/jam dan Volume arus lalu lintas (Q) = 4212 dimana angka ini tidak bisa menampung volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut.Kinerja jalan atau kapasitas jalan Jend Gatot Subroto di Pos survey 3- Pos survey 4 memiliki nilai kapasitas (C) = 3326 smp/jam dan Volume arus lalu lintas (Q) = 3904 dimana angka ini tidak bisa menampung volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Persentase jumlah kendaraan (smp/jam) di ruas jalan Jl Gatot Subroto dengan persentase volume kendaraan adalah MC = 30%, LV = 68 %, HV= 1,4 % dan UM = 0,1%. Persentase jumlah kendaraan tertinggi adalah pada hari Selasa sore pukul (17.30-18.30) dengan persentase volume kendaraan adalah MC = 29 %, LV = 69 %, HV= 1,2 % dan UM = 0,1 %. Nilai derajat kejenuhan tertinggi adalah pada hari Selasa sore (17.30-18.30) yaitu dengan nilai Derajat Kejenuhan 1,17, dan nilai derajat kejenuhan terendah pada siang hari (12.00-13.00) yaitu di hari senin dengan nilai Derajat Kejenuhan = 0,45. Berdasarkan hasil analisa semua data hitungan simpang tak bersinyal antara Jalan Mayor Jalan Jend Gatot Subroto dengan jalan Minor Gerbang Pemuda maka di dapat data-data seperti nilai arus lalu lintas tertinggi yaitu (Q)= 6754,8 smp/jam, Kapasitas jalan= 7795 sehingga di dapat nilai DS= 0,86 , Tundaan Lalu lintas simpang DTi = 10,53 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama -9,78 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor = 139 det/smp, Tundaan geometrik simpang = 3,91 det/smp, tundaan simpang = 14,4 det/smp dan peluang antrian QPa= 59 %, QPb = 30%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 161
NIM: 41115120192
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas dan Simpang, Derajat Kejenuhan, Kapasitas Jalan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 08 Mar 2018 02:25
Last Modified: 22 Oct 2019 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40834

Actions (login required)

View Item View Item