MANIHURUK, MAYASARI (2018) ANALISA KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG JALAN JEND GATOT SUBROTO SETELAH PEMBANGUNAN SIMPANG SUSUN SEMANGGI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. Lembar Pernyataan Keaslian TA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar isi.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang sering ditemui pada system transportasi perkotaan adalah timbulnya kemacetan lalu lintas di ruas jalan dimana kapasitas jalan tidak bisa menampung volume kendaraan berlebih sehingga menimbulkan kemacetan. Melihat permasalahan yang ada maka Gubernur Jakarta membangun Simpang Susun Semanggi untuk meningkatkan kapasitas ruas jalan dan mengurangi tingkat kemacetan di beberapa ruas jalan tersebut. Maka perlu adanya analisa terhadap kinerja ruas jalan dan simpang dimana penulis mengambil titik survey di ruas jalan Jend Gatot Subroto yaitu arah yang menuju kearah barat simpang susun semanggi atau yang hendak menuju ke slipi dan ke arah Timur menuju Pancoran serta kinerja simpang tak bersinyal jalan Jend Gatot Subroto dan jalan Gerbang Pemuda. Data-data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja ini adalah data primer yang berupa hasil survai lalu lintas pada jam puncak dengan metoda pencacahan secara manual berdasarkan hasil rekaman kamera D-SLR yang berisi video pantauan arus lalu lintas pada waktu dan hari yang telah ditentukan. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis jalan ini secara umum mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997. Kinerja jalan atau kapasitas jalan Jend Gatot Subroto di Pos survey 1- Pos survey 2 memiliki nilai kapasitas (C) = 4419 smp/jam dan Volume arus lalu lintas (Q) = 4212 dimana angka ini tidak bisa menampung volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut.Kinerja jalan atau kapasitas jalan Jend Gatot Subroto di Pos survey 3- Pos survey 4 memiliki nilai kapasitas (C) = 3326 smp/jam dan Volume arus lalu lintas (Q) = 3904 dimana angka ini tidak bisa menampung volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Persentase jumlah kendaraan (smp/jam) di ruas jalan Jl Gatot Subroto dengan persentase volume kendaraan adalah MC = 30%, LV = 68 %, HV= 1,4 % dan UM = 0,1%. Persentase jumlah kendaraan tertinggi adalah pada hari Selasa sore pukul (17.30-18.30) dengan persentase volume kendaraan adalah MC = 29 %, LV = 69 %, HV= 1,2 % dan UM = 0,1 %. Nilai derajat kejenuhan tertinggi adalah pada hari Selasa sore (17.30-18.30) yaitu dengan nilai Derajat Kejenuhan 1,17, dan nilai derajat kejenuhan terendah pada siang hari (12.00-13.00) yaitu di hari senin dengan nilai Derajat Kejenuhan = 0,45. Berdasarkan hasil analisa semua data hitungan simpang tak bersinyal antara Jalan Mayor Jalan Jend Gatot Subroto dengan jalan Minor Gerbang Pemuda maka di dapat data-data seperti nilai arus lalu lintas tertinggi yaitu (Q)= 6754,8 smp/jam, Kapasitas jalan= 7795 sehingga di dapat nilai DS= 0,86 , Tundaan Lalu lintas simpang DTi = 10,53 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama -9,78 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor = 139 det/smp, Tundaan geometrik simpang = 3,91 det/smp, tundaan simpang = 14,4 det/smp dan peluang antrian QPa= 59 %, QPb = 30%.
Actions (login required)
View Item |