STRATEGI PROGRAM KUIS JEDA KOMERSIAL UNTUK MEMPERTAHANKAN RATING/SHARE SINETRON PRIMETIME TELEVISI DI RCTI

PRIBADI, EDI (2018) STRATEGI PROGRAM KUIS JEDA KOMERSIAL UNTUK MEMPERTAHANKAN RATING/SHARE SINETRON PRIMETIME TELEVISI DI RCTI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Adalah suatu harapan dan dambaan bagi pihak programming stasiun televisi manapun untuk dapat memperoleh rating/share semaksimalnya, terutama pada saat jam-jam siaran Prime Timenya. Kenyataan bahwa ketika memasuki areal jeda iklan atau areal Commercial Break, selama ini tidak satupun pihak programming televisi yang mampu untuk dapat mempertahankannya, alias selalu mengalami penurunan. Fenomena ini menarik perhatian peneliti untuk segera mempelajari, menganalisa dan memberi kesimpulan atas study kasus ini. Dengan tetap berlandaskan kepada berbagai teori komunikasi sebagaimana yang tertera didalam isi Bab 2, maka peneliti mencoba “membedah” isi serta strategi apa yang diterapkan oleh pihak manajemen divisi Produksi stasiun televisi RCTI tersebut dan juga mempelajari pandangan dari sisi Tim Programmingnya. Lalu bagaimanakah cara untuk mempertahankan rating share dijeda iklan/commercial break ini? Untuk menjawab fenomena ini, maka penulis menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif melalui paradigma post positivisme dan dengan teori triangulasi sumber; Yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk meneliti hubungan antara pihak Televisi dengan Pengiklan dan imbasnya pada audiences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan program Kuis Jeda Iklan/CommBreak berdurasi tiga menit diareal commercial break ini, ternyata mampu untuk mempertahankan perolehan rating/share dikonten program sebelumnya (konten sinetron primetime). Bahkan untuk dibeberapa episode tayangannya, dengan kondisi dan situasi tertentu, program Kuis Jeda Iklan ini malah dapat memberikan perolehan rating/share yang lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang telah didapat pada konten program (sinetron) sebelumnya. Kata kunci: Produksi, Program, Televisi, Game show Kuis Jeda Iklan/CommBreak RCTI.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 093
NIM: 44113110071
Uncontrolled Keywords: Produksi, Program, Televisi, Game show Kuis Jeda Iklan/CommBreak RCTI.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.1 Programming/Pemrograman > 005.11 Special Programming/Pemrograman Khusus
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.234 Motion Pictures, Radio, Television/Gambar Bergerak, Radio, Televisi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:07
Last Modified: 01 Oct 2018 08:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40665

Actions (login required)

View Item View Item