MANALU, PARLUHUTAN (2017) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DI SMK YADIKA 3 JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
||
Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
||
Text (BAB VI)
8. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
9. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja SMK Yadika 3 Jakarta dengan pendekatan Balanced Scorecard. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat kinerja SMK Yadika 3 Jakarta terhadap empat aspek (perspektif) kinerja yang ada dalam Balanced Scorecard, yaitu: perspektif finance, perspektif costumer, perspektif proses internal binis, dan perspektif learning dan growth. Data primer digunakan untuk mengukur kinerja perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, sedangkan data Sekunder digunakan untuk mengukur kinerja perspektif keuangan dan perspektif proses bisnis internal. Responden dalam penelitian ini adalah para siswa dan guru/karyawan SMK Yadika 3 Jakarta. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa kinerja SMK Yadika 3 Jakarta secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik, dimana Kinerja perspektif keuangan memperoleh kinerja baik berdasarkan laporan keuangan yaitu memenuhi syarat ekonomis, efektif, dan efisien. Kinerja perspektif pelanggan memperoleh nilai dengan kategori baik berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan. Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja sangat baik berdasarkan indikator prose operasi, inovasi dan layanan purna jual sekolah, sedangkan kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kinerja baik berdasarkan indikator tingkat kepuasan kerja dan kemampuan sistem informasi sekolah. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMK Yadika 3 Jakarta (1) meningkatkan kinerja pada perspektif yang berada pada kategori baik menjadi sangat baik, (2) pegawai tata usaha dan tenaga perpustakaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada para siswa, (3) para guru lebih meningkatkan perhatian terhadap permasalahan belajar para siswa, (4) pimpinan sekolah semakin akomodatif dan kreatif dalam menangani setiap permasalahan sekolah, sehingga kinerja SMK Yadika 3 Jakarta semakin lebih baik. Kata Kunci:Kinerja Manajemen, Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard,
Actions (login required)
View Item |