MAKNA NASIONALISME DALAM IKLAN NIPPON PAINT VERSI WARNA YANG MEMPERSATUKAN (STUDI SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

HANDAYANI, WISNU (2017) MAKNA NASIONALISME DALAM IKLAN NIPPON PAINT VERSI WARNA YANG MEMPERSATUKAN (STUDI SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.Hal Cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3.bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB II)
4.bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
5.bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB IV)
6.bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB V)
7.bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8.Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, rasa nasionalisme kian memudar. Ditengah maraknya masyarakat yang menganut paham budaya barat, Nippon Paint sebagai produsen cat asal Jepang memanfaatkan momentum kemerdekaan Indonesia dengan mengangkat nasionalisme Indonesia dalam iklan produk cat nya versi “warna yang mempersatukan”. Oleh karena itu penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut : Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat ditarik permasalahan yang ingin diketahui oleh penulis : Apa dan bagaimana makna Nasionalisme yang terdapat dalam iklan Nippon Paint versi warna yang mempersatukan? Membedah makna nasionalisme dalam iklan dilakukan dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce yaitu menjabarkan tanda nasionalisme yang terdapat dalam iklan menggunakan trikotomi tanda Pierce. Nasionalisme dalam iklan diukur berdasarkan indicator parameter identitas nasionalisme yang merupakan suatu ukuran atau patokan yang dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu menjadi ciri khas suatu bangsa. Penelitian ini menggunakan peradigma konstruktivis dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah analisis semiotika Charles Sander Pierce. Unit analisis dalam penelitian ini menggunakan tanda verbal dan nonverbal yang terdapat dalam iklan Nippon Paint versi “warna yang mempersatukan”. Penulis melakukan teknik analisis data dengan menggali tanda yang terdapat dalam iklan serta mengajinya dengan teori-teori ilmu komunikasi khususnya teori semiotika Charles Sander Pierce. Scene-scene yang telah dianalisis menggunakan trikotomi Pierce didapati hasil penelitian bahwa iklan Nippon Paint versi “warna yang mempersatukan” mengandung makna nasionalisme sesuai dengan indicator parameter identitas nasionalisme yang menunjukkan ciri khas bangsa Indonesia. Nasionalisme pada iklan ini digunakan Nippon Paint dalam momentum hari kemerdekaan Indonesia untuk menginformasikan produk yang berujung pada peningkatan profit.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44314110083
Uncontrolled Keywords: NASIONALISME, IKLAN, NIPPON PAINT, WARNA, STUDI SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 339 Macroeconomics and Related Topics/Makroekonomi, Ekonomi Makro dan Topik Terkait > 339.3 National Product/Produk Nasional
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 535 Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena/Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet > 535.6 Color/Warna
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:42
Last Modified: 05 Jan 2018 08:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39486

Actions (login required)

View Item View Item