KOMUNIKASI BERMEDIA KOMPUTER ANTAR JURNALIS DALAM MENGHASILKAN BERITA TERPERCAYA (STUDI FENOMENOLOGI ALFRED SCHUTZ PADA BERITA PERGANTIAN MENTERI ESDM PERIODE 2016-2019 PADA HARIAN BISNIS INDONESIA SELAMA BULAN OKTOBER 2016)

ZAENUDIN, LUTFI (2016) KOMUNIKASI BERMEDIA KOMPUTER ANTAR JURNALIS DALAM MENGHASILKAN BERITA TERPERCAYA (STUDI FENOMENOLOGI ALFRED SCHUTZ PADA BERITA PERGANTIAN MENTERI ESDM PERIODE 2016-2019 PADA HARIAN BISNIS INDONESIA SELAMA BULAN OKTOBER 2016). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengeksplorasi komunikasi bermedia komputer jurnalis dalam menghasilkan berita terpercaya pada Harian Bisnis Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuka peluang untuk setiap orang termasuk jurnalis dan perusahaan meningkatkan diri dan memperbaiki prospek masa depan. Jurnalis Bisnis Indonesia memanfaatkan komunikasi bermedia komputer untuk menghasilkan berita terpercaya, sehingga PT Jurnalindo Aksara Grafika sebagai penerbit media massa harian Bisnis Indonesia dapat menimbun laba dan memelihara prospek perusahaan pada masa depan. Penelitian ini menggunakan komunikasi bermedia komputer (computer mediated communication) yang dikeluarkan oleh John December dan studi fenomenologi oleh Alfred Schutz. Fokus penelitian ini adalah bagaimana komunikasi bermedia komputer jurnalis dalam menghasilkan berita terpercaya pada media massa harian Bisnis Indonesia, melalui perspektif fenomenologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi fenomenologi. Hasil penelitian ini adalah jurnalis Bisnis Indonesia menggunakan pesan baik pesan aural maupun tekstual, media komunikasi, tujuan komunikasi, dan konteks komunikasi bermedia komputer untuk menghasilkan berita terpercaya pada media massa Harian Bisnis Indonesia. Penelitian ini menemukan komunikasi bermedia komputer jurnalis tidak hanya menghasilkan berita terpercaya tetapi juga meningkatkan jumlah dan variasi berita yang dihasilkan dan mendukung Bisnis Indonesia Group of Media dalam memangkas biaya produksi dan memitigasi risiko yang akhirnya dapat meningkatkan keuntungan dan menjaga prospek Bisnis Indonesia pada masa depan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-001
Call Number: 52/CMC/2017/005
NIM/NIDN Creators: 55214110060
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:24
Last Modified: 21 Jun 2022 02:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39307

Actions (login required)

View Item View Item