KOMUNIKASI INTERNAL FORMAL DAN INFORMAL PADA LEMBAGA PEMERINTAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KEPENDUDUKAN

HARSONO, PANDU (2016) KOMUNIKASI INTERNAL FORMAL DAN INFORMAL PADA LEMBAGA PEMERINTAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM KEPENDUDUKAN. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
Hal Cover.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang diangkat menjadi obyek adalah belum optimalnya Komunikasi Internal Formal dan Informal Pada lembaga Pemerintah Dalam Implementasi Program Kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkonfirmasikan tingkat komunikasi internal, khususnya pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Implementasi disini adalah pelaksanaan atau penerapan dari program Undang-Undang Administrasi Kependudukan dengan realisasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif, dengan pendekatan berbasis pada studi kasus. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan DITJEN DUKCAPIL sudah melakukan komunikasi internal sesuai dengan langkah-langkah perencanaan R Wayne Pace, Brent D.Peterson dan M Dallas Burnet yang mencakup : To secure understanding, To establish acceptance, To motive action and the goals which the communication sought to acheve. Untuk mengamankan pemahaman, untuk membangun penerimaan, untuk tindakan memotivasi dan tujuan dari usaha komunikasi. Analisis, obyektif dengan menyamakan visi dan misi dari tujuan Pemerintah. Dengan menggunakan program yang terencana, dan terstruktur. Komunikasi Penyampaian pesan internal dilakukan dengan cara formal dan informal. Dalam bentuk formal yaitu diatur dalam struktur organisasi contoh surat resmi, rapat resmi, seminar. Dalam bentuk informal yaitu penyampaian pesan singkat tidak ditentukan dalam struktur organisasi. Komunikasi internal, dapat bermanfaat kepada External. Hasil penelitian ini diperoleh terkait visi,misi pemerintahan, khususnya program Kependudukan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-026
Call Number: 52/CMC/2017/001
NIM/NIDN Creators: 55214110056
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:54
Last Modified: 21 Jun 2022 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39306

Actions (login required)

View Item View Item