PENGELOLAAN PESAN INTRAWEB KABAR VINILON SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL PT. RUSLI VINILON SAKTI

PUSPANINGTYAS, BERNADETA PRISKA DIAN (2017) PENGELOLAAN PESAN INTRAWEB KABAR VINILON SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERNAL PT. RUSLI VINILON SAKTI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)

Abstract

Kemajuan bisnis suatu perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya oleh soliditas karyawan. Soliditas karyawan dapat diwujudkan melalui komunikasi yang efektif antar karyawan. Perkembangan teknologi pun dapat mendukung terciptanya komunikasi yang efektif dalam suatu perusahaan, yaitu ditunjang dengan tersedianya fasilitas jaringan internet seperti email, chat group, website internal, dll. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, segala macam informasi dapat didistribusikan dalam waktu singkat. Untuk mewujudkan soliditas dan komunikasi yang efektif di lingkungan perusahaan, maka PT. Rusli Vinilon Sakti menciptakan sebuah website internal atau yang disebut dengan intraweb Kabar Vinilon, tujuan utamanya adalah untuk memfasilitasi penyampaian informasi secara timbal balik oleh pihak manajemen kepada seluruh karyawan dan sebaliknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan pesan dalam intraweb Kabar Vinilon sebagai media komunikasi internal, untuk mengetahui proses komunikasi internal yang terjadi melalui intraweb Kabar Vinilon, dan untuk mengetahui partisipasi karyawan erhadap informasi yang disampaikan oleh manajemen dalam intraweb Kabar Vinilon.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Siahaan tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyampaian pesan dan teori komunikasi organisasi yang dikemukakan oleh Purwanto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini membahas mengenai pengelolaan pesan intraweb Kabar Vinilon sebagai media komunikasi internal PT. Rusli Vinilon Sakti seperti proses pemilihan artikel atau konten yang akan diupload, seberapa sering melakukan update konten, ada tidaknya kegiatan monitoring dan evaluasi, dan membahas bagaimana komunikasi yang terjadi dalam intraweb, serta partisipasi karyawan terhadap informasi yang disampaikan dalam intraweb Kabar Vinilon. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai pengelolaan pesan intraweb Kabar Vinilon sebagai media komunikasi internal PT. Rusli Vinilon Sakti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan pesan intraweb Kabar Vinilon sebagai media komunikasi internal PT. Rusli Vinilon Sakti dikerjakan oleh 3 orang dari divisi yang berbeda, dan ketiga-tiganya memiliki aturan dan cara masing-masing dalam menyampaikan pesan ke dalam intraweb Kabar Vinilon. Komunikasi yang terjadi dalam intraweb Kabar Vinilon masih berjalan satu arah, yaitu dari pihak manajemen ke karyawan. Kurangnya feedback seperti saran dan masukan, menunjukkan bahwa partisipasi karyawan terhadap pesan yang disampaikan sangat rendah. Artinya tujuan awal perusahaan membuat intraweb kabar Vinilon sebagai media komunikasi internal belum tercapai. Kata kunci : pengelolaan pesan, intraweb, website internal, media komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 223
NIM/NIDN Creators: 44213110038
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pesan, intraweb, website internal, media komunikasi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:08
Last Modified: 08 May 2024 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39090

Actions (login required)

View Item View Item