STRATEGI PROGRAM VOCATIONAL SCHOOL SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus: Djarum Foundation)

SULAEMAN, DEDE (2017) STRATEGI PROGRAM VOCATIONAL SCHOOL SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Kasus: Djarum Foundation). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

PT. Djarum sanggup berdiri dan terus mengoperasikan bisnisnya selama bertahun-tahun di tengah ketatnya persaingan bisnis rokok dan derasnya tekanan baik dari kalangan masyarakat maupun kebijakan pemerintah. Kondisi tersebut jelas menuntut kemampuan perusahaan untuk menjalankan serangkaian strategi handal. Penyaluran CSR Djarum Foundation dalam bentuk Program Vocational School dipercaya menjadi salah satu bagian dari strategi tersebut. Pertanyaannya adalah faktor apa yang dimiliki oleh program Vocational School sehingga mampu mendukung PT. Djarum untuk terus bertahan bahkan mengembangkan bisnisnya hingga saat ini? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan program Vocational School Djarum Foundation, komunikasinya, dan legitimasi masyarakat terhadap program. Memakai pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis, penelitian ini menggunakan wawancara dan studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data, sementara studi kasus diterapkan sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Vocational School merupakan program CSR yang unggul, tidak mudah ditiru, dan berhasil mencapai tahap sustaining survival. Komunikasi program Vocational School juga dilakukan secara efektif dengan memilih media, sasaran, isi pesan, dan narasumber yang sesuai dengan program dan produk yang dihasilkannya. Hal ini dilakukan dalam rangka menguatkan posisi strategis Djarum Foundation di level nasional dan internasional. Program tersebut juga telah memperoleh legitimasi masyarakat sebagaimana tercermin dari antusiasme masyarakat terhadap program, implikasi program terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Kudus, dan apresiasi pemerintah daerah dan pusat terhadap program Vocational School

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-039
Call Number: 52/CMC/2017/027
NIM/NIDN Creators: 55212110100
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 10 Oct 2017 08:26
Last Modified: 21 Jun 2022 03:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39023

Actions (login required)

View Item View Item