KONSTRUKSI PEMBERITAAN BACKPACK JOURNALIST EKSPEDISI INDONESIA BIRU DI MEDIA SOSIAL(Analisis Semiotika Roland Barthes Video Samin Vs Seme 2015 dalam Perspektif Mitos Jurnalisme)

GURNING, SISCA TIURMA M (2017) KONSTRUKSI PEMBERITAAN BACKPACK JOURNALIST EKSPEDISI INDONESIA BIRU DI MEDIA SOSIAL(Analisis Semiotika Roland Barthes Video Samin Vs Seme 2015 dalam Perspektif Mitos Jurnalisme). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui konstruksi pemberitaan yang dilakukan Backpack Journalist Ekspedisi Indonesia Biru dalam video “Samin Vs Semen 2015”, bisa disamakan dengan jurnalisme warga (citizen journalism). Perkembangan teknologi mempengaruhi peta konsep jurnalisme dan pemberitaan yang bersifat audio visual juga membuka ruang pemberitaan kepada warga untuk menjadi seorang jurnalis. Realitas berita yang dibuat seorang jurnalis hadir karena ada konstruksi realitas sosial dari subjek beritanya dan backpack journalist itu sendiri. Metode penelitian ini menggunakan analisis semiotika yaitu dengan model semiotika Roland Barthes dari perspektif mitos jurnalisme berdasarkan dari Elemen-elemen Jurnalisme Kovack dan Rosensteil, dan menggunakan pendekatan paradigma konstruktivis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi makna dari visual dan audio (teks), dokumenter film dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan adanya konstruksi pemberitaan yang dilakukan oleh Backpack Journalist Ekspedisi Indonesia Biru karena pemberitaan tentang perseteruan Orang Samin versus Semen yang hanya diberitakan satu sisi dari pandangan Orang Samin. Pemberitaan di video “Samin Vs Semen 2015” tidak berimbang. Hal ini jadi bentuk penyangkalan mitos jurnalisme yang mengharuskan seorang jurnalis disiplin dalam melakukan verifikasi, berita harus komprehensif dan proposional dan menjaga independensi terhadap sumber berita. Elemen-elemen ini tidak bisa dilakukan oleh jurnalisme warga, karena ketika memproduksi berita, mereka tidak mempresentasikan institusi media tertentu.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-019
NIM/NIDN Creators: 55215110053
Uncontrolled Keywords: Corporate and Marketing Communications, CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 25 Sep 2017 09:07
Last Modified: 21 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38822

Actions (login required)

View Item View Item