KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU KEPADA ANAK SPEKTRUM AUTISTIK (Studi kasus pada Sekolah Khusus “Anakku”)

ROKHKUSUMASISTHA, ARUM (2014) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU KEPADA ANAK SPEKTRUM AUTISTIK (Studi kasus pada Sekolah Khusus “Anakku”). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
01 Cover Pengesahan Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
02 ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (Bab 2)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (Bab 3)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (Bab 4)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (Bab 5)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka Lampiran CV.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Anak spektrum autistik diketahui memiliki gangguan utama pada komunikasi, baik verbal maupun nonverbal. Namun, dengan keyakinan bahwa tidak ada seorang individu pun yang tidak memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana sebenarnya komunikasi yang terjadi pada anak spektrum autistik melalui komunikasi antar pribadi guru kepada anak autistik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, serta menggunakan wawancara semistruktur dan observasi tidak berstruktur selama bulan April 2014 dengan mengikuti kegiatan anak di sekolah. Empat orang subjek yang masing-masing memiliki karakter berbeda dipilih dengan harapan dapat saling mengkonfirmasi hasil observasi dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak autistik hanya menggunakan fungsi ekspresif dan instrumen saja dalam berkomunikasi. Kemudian disimpulkan juga bahwa untuk berkomunikasi dengan anak autistik, guru menggunakan pola komunikasi yang disesuaikan dengan karakter komunikasi anak, baik verbal maupun nonverbal karena penerimaan anak yang berbeda serta hambatan dalam pemberian makna pada sinyal yang diterima. Kata kunci: komunikasi antar pribadi, pola komunikasi, interaksi, autisme Autistic children known have severe difficulties in communication and social interaction, verbal and nonverbal. With “we cannot not communicate” believes, then this research was intent to reveal the interpersonal communication of autistic children, both verbal and nonverbal. This research is using case study method, and semi structured and unstructured observation for a month by following children activity at their school. Four subjects are chosen by their variant character in order to confirm each other to the observation result in this research. As for the result, show that these autistic children are only using expressive and instrumental function in communication and the result shows that teachers using a different communication pattern depend on child characteristic communication, both verbal and nonverbal because they also have a different way to receive the meaning of messages. Keyword: interpersonal communication, communication pattern, interaction, autism

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-119
Call Number: TK/52/15/098
NIM/NIDN Creators: 55209120006
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Pribadi, Pola Komunikasi, Interaksi, Autisme;Komunikasi Pemasaran;CORCOM
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Sep 2015 15:27
Last Modified: 07 Jul 2022 03:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38544

Actions (login required)

View Item View Item