ROKHKUSUMASISTHA, ARUM (2014) KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU KEPADA ANAK SPEKTRUM AUTISTIK (Studi kasus pada Sekolah Khusus “Anakku”). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
01 Cover Pengesahan Daftar Isi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
02 ABSTRAK.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (Bab 2)
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text (Bab 3)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text (Bab 4)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (Bab 5)
07 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka Lampiran CV.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Anak spektrum autistik diketahui memiliki gangguan utama pada komunikasi, baik verbal maupun nonverbal. Namun, dengan keyakinan bahwa tidak ada seorang individu pun yang tidak memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana sebenarnya komunikasi yang terjadi pada anak spektrum autistik melalui komunikasi antar pribadi guru kepada anak autistik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, serta menggunakan wawancara semistruktur dan observasi tidak berstruktur selama bulan April 2014 dengan mengikuti kegiatan anak di sekolah. Empat orang subjek yang masing-masing memiliki karakter berbeda dipilih dengan harapan dapat saling mengkonfirmasi hasil observasi dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak autistik hanya menggunakan fungsi ekspresif dan instrumen saja dalam berkomunikasi. Kemudian disimpulkan juga bahwa untuk berkomunikasi dengan anak autistik, guru menggunakan pola komunikasi yang disesuaikan dengan karakter komunikasi anak, baik verbal maupun nonverbal karena penerimaan anak yang berbeda serta hambatan dalam pemberian makna pada sinyal yang diterima. Kata kunci: komunikasi antar pribadi, pola komunikasi, interaksi, autisme Autistic children known have severe difficulties in communication and social interaction, verbal and nonverbal. With “we cannot not communicate” believes, then this research was intent to reveal the interpersonal communication of autistic children, both verbal and nonverbal. This research is using case study method, and semi structured and unstructured observation for a month by following children activity at their school. Four subjects are chosen by their variant character in order to confirm each other to the observation result in this research. As for the result, show that these autistic children are only using expressive and instrumental function in communication and the result shows that teachers using a different communication pattern depend on child characteristic communication, both verbal and nonverbal because they also have a different way to receive the meaning of messages. Keyword: interpersonal communication, communication pattern, interaction, autism
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-15-119 |
Call Number: | TK/52/15/098 |
NIM/NIDN Creators: | 55209120006 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Antar Pribadi, Pola Komunikasi, Interaksi, Autisme;Komunikasi Pemasaran;CORCOM |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 15:27 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 03:41 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38544 |
Actions (login required)
View Item |