PRASETYO, TEDDY (2017) AKTIVITAS CUSTOMER RETENTION MARKETING (CRM) YANG DITERAPKAN ALFA MIDI JOMBANG TANGSEL DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
Abstract
Keberadaan pelanggan sangatlah penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang industri bisnis ke konsumen (B2C) karena penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Pelanggan merupakan tujuan akhir sekaligus aset bagi perusahaan. Sebagai salah satu bisnis retail, Alfa Midi Jombang menghadapi persaingan disektor usaha tersebut. Dalam mempertahankan pelanggannya, Alfa Midi Jombang merasa perlu melakukan Customer retention Marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas Customer Retention yang diterapkan Alfa Midi Jombang dalam mempertahankan kepuasan pelanggan pada tahun 2016. Konseptual pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi sebagai bagian dari komunikasi pemasaran, Customer Retention Marketing yang meliputi proses CRM dan mempertahankan pelanggan. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep I-D-I-C yang dikemukakan oleh Don Peppers dan Martha Rogers dalam bukunya “One to One Marketing”. Dalam penelitian ini yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dan sifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana tehnik pengumpulan data melalui wawancara berstruktur. Penulis menyajikan gambaran maupun uraian mengenai pelaksanaan Aktivitas Customer Retention Marketing sebagaimana adanya yang didapatkan dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini membahas pelaksanaan Aktivitas Customer Retention Marketing di Alfa Midi Jombang Tangerang selatan. Guna untuk mempertahankan pelanggan. Maka Alfa Midi Jombang Tangsel melaksanakan Customer Retention Marketing dalam bentuk sebuah program retensi yang dinamakan Promo JSM. Di dalam Program promo JSM tersebut Alfa Midi melakukan berbagai upaya retensi pelanggan, antara lain mengefektifkan dan meningkatkan berbagai saluran informasi dan komunikasi dengan pelanggan, menjalin interaksi serta meningkatkan hubungan dengan pelanggan.
Actions (login required)
View Item |