PENGUNGKAPAN DIRI MELALUI INSTAGRAM STORIES DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Fenomenologi Melalui Instagram Stories Oleh Mahasiswa Broadcasting Di Universitas Mercu Buana Jakarta)

MANAS, AWALIYAH (2017) PENGUNGKAPAN DIRI MELALUI INSTAGRAM STORIES DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Fenomenologi Melalui Instagram Stories Oleh Mahasiswa Broadcasting Di Universitas Mercu Buana Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)

Abstract

Seiring terpaan era digital seperti munculnya media sosial sebagai sarana berkomunikasi, orang tidak ragu lagi membagikan informasi tentang dirinya di media sosial. Fenomena keterbukaan dan pengungkapan diri, yang dilakukan mahasiswa melalui Fitur terbaru Instagram yaitu Instagram Stories menjadi sesuatu yang menarik untuk dikaji. Instagram Stories telah menjadi online diary bagi sebagian besar penggunanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas pengungkapan diri mahasiswa melalui instagram stories. Dalam tinjauan pustaka, penelitian ini mengutip komunikasi antar pribadi, pengungkapan diri, hingga teori johari window. Pengungkapan diri merupakan bagian dari komunikasi antar pribadi, selain itu teori penetrasi sosial juga dilibatkan dalam tinjauan pustaka penelitian ini. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian fenomenologi dengan tipe penelitian deskriptif dan dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna instagram stories mahasiswa dan mahasiswi broadcasting Universitas Mercu Buana angakatan 2013, 2014, 2015, dan 2016. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang benar-benar aktif menggunakan instagram terutama fitur instagram stories setiap harinya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan dan mempelajari buku-buku referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Hasil dari penelitian ini adalah pengungkapan media sosial instagram dalam fitur instagram stories pada penggunanya berdasarkan konsep diri yang mereka punya berbeda-beda sesuai kebutuhan mereka menggunakan instagram stories sebagai tempat bercerita. Namun, maksud dan tujuan mereka menggunakan instagram stories sama yaitu ingin membagikan tentang keseharian. Dan ada pula instagram stories sebagai tempat mengeluarkan ekspresi pengalaman. Studi fenomenologi dalam penelitian ini merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengupas fenomena pengguna instagram stories.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 072
NIM/NIDN Creators: 44113010131
Uncontrolled Keywords: INSTAGRAM STORIES, KALANGAN MAHASISWA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 May 2017 13:43
Last Modified: 21 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33947

Actions (login required)

View Item View Item