POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA YAYASAN AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) DALAM MENINGKATKAN KINERJA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Yayasan Aksi Cepat Tanggap Di Jakarta)

ARYANI, TUNGKI (2017) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA YAYASAN AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) DALAM MENINGKATKAN KINERJA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Yayasan Aksi Cepat Tanggap Di Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Komunikasi dalam satu organisasi sangat diperlukan. Dengan adanya komunikasi, maka tujuan dari suatu organisasi akan mudah tercapai. Karena itu, diperlukan pola komunikasi yang efektif dan efisien baik melalui lisan dan tulisan dalam menyampaikan informasi perusahaan kepada semua karyawan. Berdasarkan konteks diatas, maka fokus penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi organisasi Aksi Cepat Tanggap dalam meningkatkan kinerja. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini paradigma yang digunakan penulis adalah paradigma Post Positivisme. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawacara dan observasi. Teori yang digunakan adalah pola komuniksi organisasi Joseph A. DeVito. Pola terbagi menjadi lima, yakni Pola Lingkaran yang tidak memiliki pimpinan, dan setiap anggota bisa berkomunikasi dengan dua anggota lain disisinya. Pola Roda, yang memeiliki pempinpin yang berada di pusat, anggota yang ingin berkomunikasi dengan anggota lain pesannya harus disampaikan melalui pemimpin. Pola Y anggotanya dapat mengirim dan menerima pesan dari dua orang lainnya. Pola Rantai, anggota yang paling ujung hanya dapat berkomunikasi dengan satu orang saja. Pola Bintang, semua anggota bisa berkomunikasi dengan anggota lainnya. Pola komunikasi yang ada di Yayasan ACT adalah pola bintang dan pola rantai. Pola bintang terlihat ketika para anggota berkomunikasi secara bebas tanpa perantara kepada anggota lainnya, baik kepada atasan, bawahan maupun teman sejawat. Rasa saling memeiliki terhadap individu maupun organisasi menjadikan meningkatkannya kinerja para anggotanya untuk bekerja secara optimal dan dengan suka rela. Untuk pola rantai digunakan dalam memberikan informasi yang bersifat pengumuman, arahan pekerjaan, pelatihan maupun informasi kekaryawanan dari satu departemen atau dari satu anggota kepada seluruh karyawan yang harus disampaikan melalui tim HRD.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 048
NIM/NIDN Creators: 44312110101
Uncontrolled Keywords: POLA KOMUNIKASI, KINERJA
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 647 Management Housekeeping/Pengaturan Pekerjaan Rumah Tangga > 647.6 Employee Hours and Duties/Jam dan Tugas Karyawan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 31 Mar 2017 15:14
Last Modified: 06 May 2024 03:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33799

Actions (login required)

View Item View Item