INTERPRETASI KHALAYAK PADA TVC GARUDA INDONESIA (Analisis Resepsi Pada Isi Tayangan TVC Garuda Indonesia Versi Hands Durasi 60 Detik)

ADHA, AUGIE ICHSAN AL (2017) INTERPRETASI KHALAYAK PADA TVC GARUDA INDONESIA (Analisis Resepsi Pada Isi Tayangan TVC Garuda Indonesia Versi Hands Durasi 60 Detik). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)

Abstract

Garuda Indonesia memiliki konsep keramah-tamahan budaya Indonesia dalam setiap kegiatan promosi yang dilakukkannya. Salah satu tayangan iklan yang baru-baru ini ditayangkan pada periode agustus 2016 yaitu iklan Garuda Indonesia versi “Hands”. Iklan tersebut sangat unik karena hanya ada alunan musik senandung dan gerak tarian pada tayangan tersebut. Dari tayangan tersebut tentunya khalayak/audiens memiliki interpretasi yang beragam dalam memaknai sebuah tayangan iklan sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interpretasi khalayak khususnya para pengguna maskapai penerbangan terhadap tayangan iklan Garuda Indonesia versi Hands dengan menggunakan pendekatan landasan teori analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualititatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan data primer yaitu melakukan wawancara secara mendalam kepada para informan/narasumber kemudian didukung dengan data sekunder berupa video iklan yang akan diteliti. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hanya terdapat satu kategori posisi pemaknaan informan terhadap iklan Garuda Indonesia yakni Dominant Hegemony. Semua informan tertarik menggunakan maskapai Garuda, selain itu unsur kebudayaan dan ramah tamah yang mereka tampilkan dalam pesan membuat informan merasa akan dilayani dengan baik melihat dari pesan yang disampaikan dalam iklan Garuda Indonesia versi Hands.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 061
NIM/NIDN Creators: 44312110028
Uncontrolled Keywords: INTERPRETASI KHALAYAK, TELEVISI, GARUDA INDONESIA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Mar 2017 14:10
Last Modified: 07 May 2024 08:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33617

Actions (login required)

View Item View Item