RIZAL, ZUL QOHRY (2017) PENGARUH MESSAGE FRAMING DAN KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KAMPANYE SAFETY RIDING TERHADAP SIKAP BERKENDARA YANG AMAN (PENDEKATAN SOSIAL MARKETING) ( Studi Kasus Mahasiswa Reguler Univeritas Mercu Buana ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
||
Text (BAB II)
4.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text (BAB III)
5.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) |
||
Text (BAB IV)
6.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
7.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN)
8.DAFTAR PUSTAKA & Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Message Framing dan Komunikasi Persuasif dalam Kampanye Safety Riding terhadap Sikap Berkendara yang Aman (Pedekatan Sosial Marketing). Penelitian ini dilakukan terhadap 168 responden dengan syarat responden pengendara roda dua atau roda empat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada Program Lisrel. Hasil Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa variabel message framing tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 0.81, lebih kecil dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, message framing terkait keselamatan berkendara kurang bisa mengubah sikap para pengendaranya di jalanan. Sedangkan variabel komunikasi persuasif berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 5.55, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, komunikasi secara persuasif dalam mengajak masyarakat untuk berhati – hati dan aman dalam berkendaran mengubah sikap para pengendaranya secara safety riding di jalanan. Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.This study aims to assess and analyze the impact of message framing and persuasif communication in safety riding campaign to safe driving attitude (social marketing approach). This study conducted on 168 respondents on condition respondent motorcycle or car riders. Sampling tecnique in this research is purposive sampling, and analysis tools in this study is Structural Equation Modeling (SEM) on Lisrel program. The result of hypotesis test shows that message framing variable no significant effect to attitude variable. This is shown from t-value score 0,81 less than t-table score 1,96. It means message framing related of safety riding can’t change riders attitude. While, persuasif communication variable has significant effect to attitude variable. This is shows from t-value score 5,55 more than t-table score 1,96. It means, persuasif communication can persuade all of society to be carefully and safety in driving. Research model tested in this study were able to fulfill the criteria for eligibility testing models.
Actions (login required)
View Item |