OKTAVIANI, FANY (2017) MITOLOGI FIGUR HULK DALAM IKLAN LIFEBUOY HANDWASH VERSI CHANGING COLOUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. HAL COVER.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
Abstract
Iklan adalah bagian penting dari serangkaian kegiatan mempromosikan produk yang menekankan unsure citra, dengan demikian objek iklan tidak hanya sekedar tampil dengan wajah yang utuh, akan tetapi melalui proses pencitraan sehingga citra produk lebih medominasi dibandingkan produk itu sendiri. Di dalam setiap iklan selalu terdapat symbol-simbol budaya dan kelas social menjadi bagian dominan dalam kehidupan. Pada setiap iklan akan terdapat tanda-tanda, simbol-simbol, warna dan itu semua memiliki makna dibalik iklan yang ditampailkan baik secara audio maupun visual. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat khalayak (masyarakat) untuk melihat hingga memaknai iklan tersebut.Iklan sendiri mempunyai tujuan penting salah satunya membujuk khalayak untuk menggunakan produk yang diiklankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda dan makna figure Hulk pada iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour dan mengetahui mitologi figur Hulk dalam iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour. Paradigma dalam penelitian kali ini penulis menggunakan paradigma konstruktivis. Menggunakan paradigma kontruktivis karena sebuah realitas yang ada dimasyarakat tidak bisa digeneralisasikan ke setiap orang seperti yang dilakukan oleh penganut paham paradigma positivis. Serta dengan menggunakan paradigma konstruktivis ini diharapkan masyarakat dan para praktisi periklanan Indonesia dapat mengetahui makna yang terdapat dalam konsep visualisasi iklan dan dapat menghasilkan konsep visualisasi iklan yang kreatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa tanda-tanda dalam iklan tersebut ditemukan makna konotasi bahwa sosok figure Hulk masuk kedalam imajinasi anak sehingga anak tersebut merasa dirinya sebagai sosok pahlawan super. Serta mitos pahlawan super masih menjadi kegemaran anak-anak dan dapat memasuki imajinasi anak-anak
Actions (login required)
View Item |