EFEKTIVITAS MEDIA INTERNAL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN (STUDI PADA PENERBITAN MAJALAH "KILAS" DI ENERGI MEGA PERSADA)

CAMELLIA, MELINDA FLORINDA (2010) EFEKTIVITAS MEDIA INTERNAL UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KARYAWAN (STUDI PADA PENERBITAN MAJALAH "KILAS" DI ENERGI MEGA PERSADA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi S1 - Efektivitas Media Internal Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Karyawan EMP - Melinda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Majalah internal sebagai wadah komunikasi manajemen dan karyawan sangat membantu dalam penyampaian informasi, baik informasi tentang kegiatan karyawan maupun perusahaan. Majalah internal KILAS terbit setiap tiga bulan sekali dengan tujuan utamanya sebagai media komunikasi dan informasi antar karyawan. Majalah KILAS ini bisa juga sebagai media monitoring dan evaluasi informasi tentang kebijakan perusahaan dalam memberikan input dan output yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan kinerja dan motivasi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas media internal KILAS untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan Energi Mega Persada. Sejauhmana efektivitas media internal KILAS untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan Energi Mega Persada, apakah efektif atau tidak efekttif? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Dimana dalam penelitian survei ini terdapat evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui tujuan yang digariskan pada awal penelitian dapat tercapai. Konsep pengukuran efektivitas komunikasi yang dipakai Peneliti ialah standard yang paling umum dalam audit komunikasi oleh Andre Hardjana. Rumus yang digunakan untuk mengukur efektivitas media internal adalah rumus Quartil dalam Likert Summarting Rating (LSR). Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16. Hasil akhir dari penelitian ini dapat diketahui bahwa media internal KILAS “EFEKTIF” dalam memenuhi kebutuhan informasi karyawan Energi Mega Persada seperti kegiatan operasional, lokasi pengeboran dilapangan dll. Meskipun secara keseluruhan keberadaan media internal KILAS dinilai telah efektif untuk memenuhi kebutuhan informasi karyawan EMP, namun masih ada beberaha hal yang perlu ditingkatkan diantaranya: untuk kemasan media KILAS perlu dilakukan perbaikan. Untuk susunan rubrikasi masih banyak hal-hal lain yang bisa dimasukkan seperti olahraga, informasi seputar sektor migas di dunia, dsb. Pola penulisan disesuaikan dengan kaidah bahasa indonesia. Untuk narasumber, porsi yang ada belum berimbang antara top manajemen dan karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 045
Call Number: SK/42/10/049
NIM/NIDN Creators: 44207110027
Uncontrolled Keywords: MEDIA INTERNAL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 May 2010 15:14
Last Modified: 20 May 2024 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24394

Actions (login required)

View Item View Item