STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN MELALUI INSTAGRAM DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA MELALUI PEMBUDIDAYA MAGOBOX

KRISMANIA, MIKA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN MELALUI INSTAGRAM DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA MELALUI PEMBUDIDAYA MAGOBOX. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)

Abstract

This study aims to analyze the environmental communication strategies implemented by Magobox in providing education regarding maggot cultivation as a solution for managing household organic waste through Instagram social media. Magobox is an organic waste management initiative that utilizes Black Soldier Fly (BSF) larvae. At the same time, maggots can also serve as bioconversion agents that transform organic waste into valuable products such as animal feed and fertilizer. Using a qualitative method within a constructivist paradigm, this research highlights how Magobox builds environmental communication through educational content that is informative, persuasive, and entertaining. The strategy was developed based on SWOT analysis and audience behavior research, ensuring that each message is delivered effectively and relevantly to shape a positive public perception of maggots. The findings reveal that Magobox’s environmental communication not only functions as a medium for information dissemination but also serves as an instrument for transforming public behavior in household waste management. Through educational messages and creative visual content on Instagram, Magobox fosters ecological awareness and reshapes public perspectives on organic waste management. This study concludes that communication strategies designed through audience research, structured message management, and the appropriate choice of media can serve as key factors in building sustainable habits and fostering a society that is more environmentally conscious. Keywords: Environmental Communication, Communication Strategy, Message Management, The Circular Model of SoMe, Instagram Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi lingkungan yang diterapkan oleh Magobox dalam memberikan edukasi perihal budidaya maggot sebagai solusi pengelolaan sampah organik rumah tangga melalui media sosial Instagram. Magobox merupakan inisiatif pengelolaan sampah organik yang memanfaatkan larva Black Soldier Fly (BSF), disisi lain maggot juga bisa dimanfaatkan sebagai agen biokonversi untuk mengubah limbah organik menjadi produk bernilai seperti pakan ternak dan pupuk. Menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis, penelitian ini menyoroti bagaimana Magobox membangun komunikasi lingkungan melalui konten edukatif yang informatif, persuasif, dan menghibur. Strategi tersebut disusun berdasarkan analisis SWOT serta hasil riset terhadap perilaku khalayak, sehingga setiap pesan disampaikan secara relevan dan efektif untuk membentuk persepsi positif masyarakat terhadap maggot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi lingkungan yang dijalankan Magobox tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi, tetapi juga sebagai media transformasi perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Melalui pesan-pesan edukatif dan visual kreatif di Instagram, Magobox menumbuhkan kesadaran ekologis sekaligus mengubah cara pandang masyarakat terhadap pengelolaan sampah organik. Penelitian ini menjabarkan bahwa strategi komunikasi yang dirancang berdasarkan riset khalayak, pengelolaan pesan yang terarah, serta pemilihan media yang tepat dapat menjadi kunci dalam membangun kebiasaan baru yang berkelanjutan dan mendukung terciptanya masyarakat yang lebih peduli terhadap lingkungan. Kata Kunci : Komunikasi Lingkungan, Strategi Komunikasi, Pengelolaan Pesan, The Circular Model of SoMe, Instagram

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 25 046
NIM/NIDN Creators: 55223110037
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Lingkungan, Strategi Komunikasi, Pengelolaan Pesan, The Circular Model of SoMe, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Nov 2025 05:56
Last Modified: 07 Nov 2025 05:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/100034

Actions (login required)

View Item View Item