STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK ZAINUDIN AMALI DALAM MEMENANGI PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2014 DAERAH PEMILIHAN MADURA JAWA TIMUR XI

ALMINI, ALMINI (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK ZAINUDIN AMALI DALAM MEMENANGI PEMILIHAN LEGISLATIF TAHUN 2014 DAERAH PEMILIHAN MADURA JAWA TIMUR XI. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA AL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Kontestasi politik yang sengit dalam pemilihan legislatif di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota maupun pemilihan umum eksekutif baik untuk bupati/walikota, gubernur dan presiden, mengharuskan setiap calon dan tim pemenangannya, menyusun strategi yang tepat untuk memenangkan kompetisi tersebut. Demikian halnya Zainudin Amali, politikus Partai Golkar harus berjuang keras mengingat dirinya bukan putra daerah asli Madura, padahal Madura adalah daerah pemilihannya untuk melangkah ke DPR RI periode 2014-2019. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran strategi komunikasi pemasaran politik Zainudin Amali dalam memenangi Pileg 2014 Dapil Jawa Timur XI. Pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teori yang digunakan adalah konsep bauran pemasaran (marketing mix) Jerome McCarthy (1960), yaitu 4P (product, price, place and promotion). Pengumpulan data dengan menggunakan data primer dari hasil observasi dan wawancara dengan informan. Data sekunder berasal dari studi dokumen, kepustakaan. Pengolahan data menggunakan analisis kualitatif, Kesimpulannya adalah, Zainuddin Amali bersama Partai Golkar dan tim suksesnya sudah melakukan kegiatan strategi pemasaran politik yang berkesinambungan hingga masa kampanye. Untuk menanamkan citra politik yang baik merupakan hal yang tidak sulit bagi Zainuddin Amali, karena track record sebelumnya dan telah dikenal banyak orang jauh sebelum adanya Pileg 2014, namun tetap memerlukan waktu yang lama, mengingat bahwa Zainuddin Amali, bukan putra daerah asli Madura. Strategi promosi digunakan Zainuddin Amali beserta tim pemenangannya, untuk selalu mengingatkan isu yang sedang dikampanyekan. Bentuk komunikasi politik melalui komunikasi dialogis, forum group diskusi sebagai upaya menjaring aspirasi masyarakat Madura. Strategi promosi ini memiliki keunggulan dalam menyisipkan pesan di benak khalayak. Namun demikian hal ini memiliki keterbatasan dalam meraih jumlah penerima pesan, karena pesan disebarkan secara langsung. Strategi Zainuddin Amali dam tim pemenangannya adalah membangun reputasi yang baik dan menjalin kedekatan dengan masyarakat, dan memperkenalkan partai politiknya

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-034
Call Number: 52/PCOM/2017/017
NIM/NIDN Creators: 55214120006
Uncontrolled Keywords: Political Communication, KOMPOL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:55
Last Modified: 21 Jun 2022 03:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39016

Actions (login required)

View Item View Item