PENGALAMAN ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DARING

PUTRA, EMMANUEL MARTINO RANDHIKA (2025) PENGALAMAN ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN DARING. S1 thesis, UNIVERISTAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text (COVER)
46117210025 - Emmanuel Martino - 01 Cover1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB 3)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB 4)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB 5)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
46117210025 - Emmanuel Martino Randhika Putra - 08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pandemi Covid 19 yang melanda pada 2020 yang lalu menyebabkan beberapa permasalahan baru diantaranya tuntutan peran orang tua dalam mendampingi anaknya yang berusia dini dalam proses belajar dengan metode daring. Tujuan penelitian ini yaitu berupaya menangkap berbagai persoalan yang ada di masyarakat khususnya para orang tua yang bekerja dan memiliki anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan mewawancarai orang tua yang memiliki anak usia dini (2 sampai 6 tahun) di daerah cibubur dan bekasi yang mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan teknik wawancara dan observasi pada partisipan sebanyak 3 (tiga) orang perempuan yang bekerja, sekaligus berperan menjadi ibu rumah tangga yang memiliki anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa mendampingi anak usia dini pembelajaran daring merupakan suatu pengalaman baru bagi orang tua yang mana biasanya orang tua hanya mengantarkan anak sekolah lalu sibuk dengan urusannya namun keadaan pandemik membuat orang tua harus bekerja sekaligus mendampingi anak pembelajaran daring. Dengan mendampingi anak usia dini terdapat beberapa kendala yang terjadi seperti keterbatasan media yang ada dirumah, kurangnya pemahaman materi oleh orang tua serta tidak bisa mengontrol bagaimana tingkah laku dari anak usia dini. Orang tua merasa dengan mendampingi anak pembelajaran daring tidaklah mudah dijalani terutama bagi mereka yang juga menjadi wanita karir.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46117210025
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Orangtua, Anak Usia Dini, Belajar Daring
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.4 Child Psychology/Psikologi Anak
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.6 Psychology of Adults/Psikologi Dewasa > 155.64 Adults by Status, Type, Relationships/Orang Dewasa Menurut Status, Jenis, Hubungan > 155.646 Parents/Orang Tua
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 18 Jan 2025 04:40
Last Modified: 18 Jan 2025 04:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/93598

Actions (login required)

View Item View Item