PENINGKATAN PELAYANAN KERETA API BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN

KUSBIANTORO, DICKY HENDRIK (2024) PENINGKATAN PELAYANAN KERETA API BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU MEDAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover ok.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2.bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB 2)
3.bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB 3)
4.bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB 4)
5.bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB 5)
6.bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8.lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Kurangnya pelayanan pada Kereta Bandara Medan menjadi isu yang signifikan bagi para penumpang, mengingat fasilitas dan kenyamanan yang diharapkan tidak selalu terpenuhi. Banyak pengguna melaporkan masalah seperti keterlambatan jadwal, kurangnya kebersihan, dan minimnya informasi yang jelas tentang jadwal dan tarif. Situasi ini tidak hanya mengganggu pengalaman perjalanan, tetapi juga dapat mempengaruhi reputasi layanan dan kepuasan pelanggan. Sebagai salah satu moda transportasi utama menuju bandara, penting bagi pihak pengelola untuk meningkatkan kualitas layanan agar dapat memenuhi harapan penumpang dan mendukung kelancaran perjalanan mereka. Fokus utama dari penelitian ini adalah Bandara Internasional Kualanamu Medan yang mengalami peningkatan jumlah penumpang yang signifikan pada tahun 2023. Meskipun kereta api bandara telah diperkenalkan sebagai alternatif untuk meningkatkan aksesibilitas ke bandara, tingkat okupansi kereta api tersebut masih rendah, berkisar antara 20% hingga 30%. Selain itu, tingginya tarif juga menjadi kendala bagi pengguna jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas perbaikan layanan yang harus segera dilakukan untuk meningkatkan daya tarik dan loyalitas pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Importance-Performance Analysis, menggunakan 100 responden, kuesioner disebarkan secara langsung di stasiun kereta api bandara Kualanamu Medan. Dari penelitian ini diketahui rata-rata tingkat kepentingan adalah sebesar 4.77 dan rata rata tingkat kinerja adalah sebesar 3,82, dan faktor pelayanan yang masuk ke dalam kuadran 1; yakni Tersedianya Alat Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan 2. Tersedianya Ruang Tunggu 3. Ketepatan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta 4. Adanya fasilitas kemudahan akses bagi wanita hamil, ibu membawa balita, lansia, dan disabilitas

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41121120057
Uncontrolled Keywords: Transportation, Train, Airport, Service, occupancy (maximum 5 words)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:52
Last Modified: 03 Oct 2024 06:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92112

Actions (login required)

View Item View Item