PERILAKU KONSUMEN ONLINE GENERASI MILENIAL DALAM MENERIMA IKLAN POP-UP ROKOK FORTE "MIGHTY TINY" VERSI SUMO DI SITUS KOMPAS.COM

SAHLAN, ADI KURNIAWAN (2024) PERILAKU KONSUMEN ONLINE GENERASI MILENIAL DALAM MENERIMA IKLAN POP-UP ROKOK FORTE "MIGHTY TINY" VERSI SUMO DI SITUS KOMPAS.COM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

The development of internet technology helps companies use media sites as a place to carry out advertising campaigns, one of which is the kompas.com news site. The theory used in this research is AISAS developed by Dentstu Inc. with dimensions of Attention, Interest, Search, Action, Share. The study was conducted to see whether Sumo's version of the "Mighty tiny" Forte cigarette pop-up ad on the kompas.com website creates negative online consumer behavior millennials aged 20-40 years. The research method used in this research is descriptive quantitative with a survey method to obtain data of the millennial generation of smokers and non-smokers aged 20-40 years who live in Jakarta online using a purposive sampling technique. The result of this research is that the sumo version of Forte "Mighty Tiny" cigarette pop-up advertisement on the kompas.com website has a high/significant level of attention while interest, search, action, and stocks are insignificant/low. So it can be unfortunate the ad lead to negative behavior. The limitation of this research is the placement of advertising media and types of advertisements, the researcher hopes that in the next research it can examine other online media such as online forums and also other types of internet advertising such as pop-behind advertisements, etc. Perkembangan teknologi internet membantu perusahaan dalam menggunakan media website sebagai salah satu tempat untuk melakukan kampanye iklan, salah satunya adalah situs berita kompas.com Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah AISAS yang dikembangkan oleh Dentstu Inc. dengan dimensi Attention, Interest, Search, Action, Share. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui untuk mengetahui apakah iklan pop-up rokok Forte “Mighty tiny” versi Sumo di situs kompas.com menimbulkan perilaku negatif konsumen online generasi milenial usia 20-40 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yaitu metode survey terhadap generasi milenial perokok dan non perokok usia 20-40 tahun yang berdomisili di Jakarta secara online dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah iklan pop-up rokok Forte “Mighty Tiny” versi sumo di situs kompas.com memiliki tingkat atensi yang tinggi/ signifikan sedangkan interest, search, action, dan share tidak signifikan/rendah. Sehingga dapat disimpulkan iklan tersebut iklan tersebut menimbulkan perilaku negatif. Keterbatasan penelitian ini ada pada penempatan media iklan dan jenis iklannya, peneliti berharap pada penelitian selanjutnya dapat meneliti media online lain seperti forum-forum online dan juga jenis iklan internet lainnya seperti ikaln pop-behind, dll.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 048
NIM/NIDN Creators: 44316010090
Uncontrolled Keywords: Iklan pop-up, Perilaku konsumen online, New Media, Iklan internet, Generasi Milenial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:38
Last Modified: 24 Sep 2024 03:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91725

Actions (login required)

View Item View Item