Tataung, Vrankliyn (2024) ANALISIS PERAN EMPLOYEE RELATIONS PADA PERUSAHAAN HARSAYASHIPS (STUDI KASUS PADA HARSAYASHIPS). S2 thesis, Universitas Mercu Buana-Menteng.
Text (Cover)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 01 Cover - Franklin Tataung.pdf Download (469kB) |
|
Text (Bab 1)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 02 Bab 1 - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text (Bab 2)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 03 Bab 2 - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text (Bab 3)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 04 Bab 3 - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Text (Bab 4)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 05 Bab 4 - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (Bab 5)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 06 Bab 5 - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 07 Daftar Pustaka - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Text (Lampiran)
55221120001 - Vrankliyn Tataung - 08 Lampiran - Franklin Tataung.pdf Restricted to Registered users only Download (955kB) |
Abstract
Citra perusahaan sangat penting karena mempengaruhi pandangan pelanggan dan perusahaan dalam berbagai hal. Citra perusahaan yang baik memberikan kontribusi untuk meningkatkan perilaku dan sikap yang lebih baik dari karyawannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya perusahaan dalam meningkatkan pengelolaan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia, melaksanakan kegiatan program penghargaan untuk memberikan dukungan motivasi kerja karyawan, mengadakan kegiatan program gathering dan program media komunikasi internal serta peran employee relations dalam meningkatkan citra positif perusahaan. Konsep yang digunakan untuk menjelaskan peran employee relations mengacu pada Ruslan (2016:271) yang mendefinisikan employee relations dalam suatu organisasi/perusahaan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk macam aktivitas dan program, dan untuk citra perusahaan mengacu pada Kotler danKeller (2018:274). yang menjelaskan citra perusahaan sebagaiseperangkat keyakinan, ide, dan kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu objek, dengan dimensi yang terdiri dari Kepribadian (Personality), Reputasi (Reputation), Nilai (Value), Identitas Perusahaan (Corporate Identity). Penelitian ini akan dikaji menggunakan paradigma post-positivisme. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi untuk selanjutnya diolah dan dianalisis. Penelitian pertama menunjukkan bahwa perusahaan berusaha meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia melalui analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan, serta melibatkan karyawan dalam lembaga pelatihan bereputasi. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk citra positif perusahaan sebagian besar bersifat medium tidak langsung, dengan beberapa upaya minimal tidak langsung dan medium langsung. Penelitian kedua menemukan bahwa perusahaan melaksanakan program penghargaan dan memberikan dukungan motivasi dengan memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi dan melibatkan pimpinan unit kerja dalam pelatihan motivasi. Upaya ini juga sebagian besar bersifat medium tidak langsung, dengan beberapa upaya optimal langsung dan minimal tidak langsung. Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan melaksanakan program gathering dan komunikasi internal, termasuk family gathering untuk semua karyawan dan keluarga, serta menggunakan media komunikasi internal untuk mensosialisasikan nilai perusahaan. Company image is very important because it influences the views of customers and the company in various ways. A good company image contributes to improving better behavior and attitudes of its employees. The aim of thisresearch is to analyze the company's efforts to improve the management and development of the quality of human resources, carry out reward program activities to provide support for employee work motivation, hold gathering program activities and internal communication media programs as well as the role of employee relations in improving the company's positive image. The concept used to explain the role of employee relations refers to Ruslan (2016:271) who defines employee relations in an organization/company as being implemented in various forms of activities and programs, and for company image refers to Kotler and Keller (2018:274). which explains company image as a set of beliefs, ideas and impressions that a person has of an object, with dimensions consisting of Personality, Reputation, Value, Corporate Identity. This research will be studied using a post-positivism paradigm. Using qualitative and descriptive research methods, data was collected through interviews and documentation studies for further processing and analysis. The first research shows that companies are trying to improve human resource management through analyzing education and training needs, as well as involving employees in reputable training institutions. Efforts to improve the quality of human resources for a positive company image are mostly indirect, with some minimal indirect and direct efforts. The second study found that the company implemented a reward program and provided motivational support by giving awards to outstanding employees and involving work unit leaders in motivational training. These efforts are also mostly indirect, with some optimal direct and minimal indirect efforts. Research shows that companies implement internal gathering and communication programs, including family gatherings for all employees and families, and use internal communication media to socialize company values.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55221120001 |
Uncontrolled Keywords: | Relasi Karyawan, Upaya Perusahaan Employee Relations, Company Efforts |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | ANISA DESI SAFITRI |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:27 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:27 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90803 |
Actions (login required)
View Item |